Sandiaga Uno : Kami Dukung Masjid Salman Menjadi Destinasi Sejarah di Indonesia


Share

Pada Sabtu (16/4) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menjadi pengisi kajian pada program Inspirasi Ramadhan (Irama). Kajian Irama diadakan secara online melalui zoom meeting dan live streaming youtube Salman TV. Tema pada kajian hari ini adalah Bangkitnya Pariwisata Halal Pasca Pandemi. 

Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penting di Indonesia.  Dahulu, sektor pariwisata Indonesia mementingkan pada kuantitas. Setelah pandemi, sektor pariwisata akan fokus pada kualitas. 

Pariwisata halal merupakan kebijakan pengembangan wisata ramah muslim untuk mengedepankan suatu kebermanfaatan. Hal ini bukan hanya headline tetapi fokus pada substansinya untuk menyediakan fasilitas yang Muslim Friendly.  

Konsep pariwisata halal harus bertransformasi, pariwisata harus mengedepankan kebersihan kesehatan dan implementasinya. Dalam mengembangkan pariwisata halal, kemenparekraf menekankan pada inovasi, adaptasi serta kolaborasi. 

Pasar paling utama pariwisata halal adalah didalam negeri sendiri. Sandiaga berharap  bisa mengembangkan post umrah trip. Setelah Jemaah melakukan umrah, diharapkan para Jemaah mengunjungi wisata halal yang ada di Indonesia. Salah satu wisata halal di Indonesia terdapat di Nusa Tenggara Barat yang pernah mendapat gelar The Best Halal Honeymoon Destination. 

Dilansir dari akun instagram @sandiauno, Kemenparekraf mendukung penuh agar Masjid Salman ITB menjadi salah satu destinasi ziarah di Indonesia. Masjid Salman merupakan masjid yang sudah lengkap dar segi sarana dan prasarana seperti adanya Halal Center, pojok UMKM serta Baitul Mall dan layak untuk menjadi percontohan.

Sandiaga mengungkapkan tahun ini ia ingin ada konferensi-konferensi besar Internasional  mengenai pariwisata halal. Dia juga mengungkapkan Masjid Salman bukan hanya destinasi wisata religi tapi tempat kita bertukar pikiran dan menggunakan kesempatan menjadi ajang konferensi internasional pariwisata halal. 

Sandiaga juga berharap adanya kajian Irama ini bisa menjadi mitra pemerintah untuk membangkitkan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja untuk pariwisata halal di Indonesia. Saatnya membangkitkan perekonomian Indonesia salah satunya pariwisata halal.