Salat Tarawih Perdana, 1.820 Jemaah Memenuhi Ruang Utama Masjid Salman


Share

Sesuai hasil sidang isbat pemerintah, umat muslim di Indonesia mulai menjalankan puasa Ramadan pada Kamis (23/03). Maka dari itu, YPM Salman ITB mengadakan salat tarawih pertama pada Rabu (22/03) malam di Masjid Salman ITB. Salat tarawih pertama diimami oleh Muzammil Hasballah dengan penceramah Ketua Umum YPM Salman ITB, Prof. Dr. Ir. Suwarno, M.T. 

Kepala Divisi Tarawih, Achmad Maulana Syaerwan mengungkapkan jumlah jamaah salat tarawih perdana di Masjid Salman sebanyak 1.080 jamaah pria dan 740 jamaah wanita. 

Pada sesi ceramah setelah salat isya, Suwarno menyampaikan beberapa keistimewaan di bulan Ramadan. Keistimewaan tersebut diantaranya, Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an sebagai petunjuk dan inspirasi yang tidak ada habisnya. Suwarno juga menyinggung kejadian pembakaran Al-Qur'an yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Kita semua tahu, ada kejadian pembakaran Al Qur'an di Swedia. Walaupun Al-Qur'an itu dibakar, dilecehkan tetapi kemuliaan Al-Qur'an tidak akan berkurang. Saat ini penduduk dunia berkisar delapan miliar, dua miliarnya merupakan umat muslim dan berpuluh-puluh juta penghafal Al-Qur'an. Itulah bukti bahwa Allah menjaga Al-Qur'an," ungkap Suwarno.

Keistimewaan lainnya adalah, Ramadan merupakan bulan dilipatgandakannya pahala dan bulan yang penuh ampunan. Maka dari itu, umat Muslim harus menyambut bulan Ramadan dengan penuh kegembiraan. Untuk orang ahli puasa, disiapkan oleh Allah pintu surga khusus yaitu Ar-Rayyan. 

Oleh karena itu, dalam menjalankan bulan yang penuh keistimewaan ini, Suwarno mengajak umat Muslim untuk lebih banyak bersedekah seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah s.a.w. Selain itu, ia mendorong jamaah untuk mengisi bulan Ramadan dengan memperbanyak kajian di masjid serta meramaikan berbagai kegiatan lainnya di masjid. 

Ramadan di Masjid Salman ITB akan disemarakkan oleh berbagai kegiatan, diantaranya Inspirasi Ramadan (Irama), Kajian Ramadan, Ramadan Muslimah, Festival Ramadan dengan berbagai perlombaan, serta kegiatan itikaf. Salah satu pembicara yang akan hadir pada Irama adalah Wakil Presiden RI 2014-2019, Dr. (H.C.) Jusuf Kalla. 

Informasi selengkapnya mengenai salat tarawih di Masjid Salman ITB dan kegiatan Ramadan lainnya dapat dilihat di akun Instagram @p3ri.salmanitb. Bagi jamaah yang ingin beramal dan turut berkontribusi pada kegiatan Ramadan di Masjid Salman dapat menyalurkan dukungannya melalui Rekening BSI 633-388-8335 a.n Rumah Amal Salman. Informasi lebih lanjut mengenai donasi Ramadan dapat dilihat di Instagram @rumahamalsalman atau website rumahamal.org