skip to Main Content

Dapatkan buku-buku bermutu terbitan Salman ITB. Hasil penjualan maupun donasi untuk buku-buku ini sepenuhnya digunakan untuk kembali menerbitkan gagasan-gagasan, konsep dan model dakwah dan peradaban yang diharapkan bermanfaat bagi umat manusia.

Buku-buku yang diterbitkan Salman ITB dapat dipesan secara online lewat website/marketplace atau Whatsapp, dan juga dapat diperoleh langsung di Perpustakaan Salman Reading Corner, Gedung Kayu lt. 1 Komp. Masjid Salman ITB Jl. Ganesha No. 7 Bandung.

Berikut judul-judul buku yang telah diterbitkan Salman ITB dan masih tersedia stoknya.

 

FIKIH KARAKTER WANITA SALEHAH

Karya: Dr. Yedi Purwanto, M.Ag

(Dosen Agama & Etika Islam ITB, Ketua Bidang Dakwah Salman ITB)

 

Tuntunan fikih sesungguhnya sangat dibutuhkan berbagai lapisan masyarakat Muslim termasuk kaum wanita. Banyak persoalan fikih yang mungkin terlewatkan pembahasannya dalam berbagai kajian, namun nyatanya sangat dibutuhkan oleh para Muslimah. Buku ini mencoba mengupas sekelumit persoalan fikih klasik maupun fenomena-fenomena baru yang muncul di tengah kehidupan kaum wanita modern saat ini.

Disamping persoalan-persoalan fikih, dalam buku ini diselipkan beberapa kisah yang kiranya dapat menjadi teladan bagi para Muslimah. Dengan membaca buku ini diharapkan para Muslimah dapat semakin tercerahkan dan mendapat tambahan bekal dalam menjalankan kehidupan dan perannya sehari-hari.

SPESIFIKASI

  • Ukuran 23,5 x 15,5 cm
  • Jumlah halaman 84
  • ISBN 9786239184742
  • Tahun Terbit 2020

PEMESANAN

Dapatkan e-book dengan format .pdf ini pada tautan di bawah ini. Silakan berinfak mulai dari Rp 25 ribu untuk penerbitan buku-buku sejenis ke Virtual Account BNI Nomor 9881518900664613 (BPP – PENERBITAN BUKU & JURNAL).

Fikih Karakter Wanita Salehah

SS Cover Membina Lingkungan Lewat Inovasi Sosial

MEMBINA LINGKUNGAN LEWAT INOVASI SOSIAL 

Karya: Dr. Agus S. Ekomadyo, ST, MT dkk.

(Tim Arsitektur SAPPK ITB)

 

Di Indonesia, inovasi sosial acapkali dikaitkan dengan kiprah pemberdayaan masyarakat dengan cara-cara baru berbasis suatu ilmu pengetahuan tertentu. Serangkaian tulisan dalam buku ini menceritakan inovasi sosial yang dilakukan oleh Hendro Setyanto, yang mencoba memberdayakan masyarakat Kampung Areng Lembang, lewat basis ilmunya, astronomi, dengan membangun fasilitas Eduwisata Imahnoong. 

Buku ini ditulis sebagai refleksi hasil penelitian Tim Institut Teknologi Bandung untuk membuat pasar kreatif tematik di kawasan perdesaan, dengan memanfaatkan kunjungan wisata di Imahnoong, bertajuk “Pasar Purnama”.

Buku ini merupakan antologi, kumpulan tulisan, yang ditulis oleh anggota peneliti tentang inovasi sosial di Imahnoong, penggunaan teknologi untuk pengembangan inovasi sosial, desain, konstruksi, dan rekayasa sosial Pasar Purnama, hingga rangkuman bagaimana teknologi termasuk lingkungan binaan bisa menjadi mediator dalam pengembangan masyarakat.

SPESIFIKASI

  • Ukuran 23,5 x 15,5 cm
  • Jumlah halaman 132
  • ISBN 9786239184728
  • Tahun Terbit 2020

PEMESANAN

Buku ini akan segera hadir dalam format cetak. Nantikan infonya di laman web ini.

 

SS Cover Buku Final Dengung Cigadung

LONTARAN PEMIKIRAN JAMAAH AL-MULTAZAM

Editor: Aisyah Amirah Nasution

(Penulis Skenario Film “IQRO” 1 & 2)

 

Buku ini adalah kumpulan 31 materi Kuliah Ilmiah Populer Ramadhan di Masjid Al-Multazam pada tahun 2019/1440 H. Tidak kurang dari 9 Guru Besar, 15 Doktor, dan para pakar di bidang masing-masing berbagi ilmu (sedekah ilmu) setiap ba’da Subuh selama sebulan penuh di Masjid Al-Multazam. Mereka membicarakan topik yang bervariasi mulai dari masalah penduduk, bumi, hukum, seni, film, ekspedisi, usaha, bencana, bius/anestesi, arsitek, penerbangan, sampai kepada masalah petir bahkan alam semesta. Buku ini diterbitkan atas kerjasama DKM Al-Multazam dan YPM Salman ITB.

Kegiatan berbagi ilmu yang dinamakan Akademi Ramadhan 1440 H itu, menunjukkan bahwa memang kegiatan ini dirancang untuk bernuansa ilmiah dan akademik (scientific). Kegiatan ini memang merupakan program unggulan baru di Masjid Al-Multazam dengan spirit menghidupkan kembali tradisi ilmiah sejak zaman Rasulullah Saw.  Masjid bukan hanya menjadi pusat ibadah melainkan juga pusat pendidikan dan ilmu pengetahuan. Bahkan masjid merupakan pusat peradaban yang memancarkan segala kebaikan dan kemajuan umat.

Buku ini ditulis berdasarkan bahan presentasi yang disampaikan saat kuliah subuh dan rekaman audionya. Setiap tema ditulis dengan format ilmiah populer dan dilengkapi gambar/ilustrasi yang mendukung.

SPESIFIKASI

  • Ukuran 23,5 x 15,5 cm
  • Jumlah halaman 270
  • ISBN 9786239184735
  • Tahun Terbit 2020

PEMESANAN

Untuk mendapatkan e-book dengan format .pdf atau versi cetak buku ini, silakan mengontak Bapak IQbal Al-Fajri (0858-7114-7621).

 

SETELAH DUNIA DILIPAT + DUNIA YANG DILIPAT

Karya: Prof. Yasraf Amir Piliang, MA

(Guru Besar FSRD ITB, Pemikir Kebudayaan Indonesia)

 

Dalam Dunia yang Dilipat Volume 1 Yasraf mengingatkan ihwal hidup manusia yang dikuasai oleh ketergesa-gesaan, keterpesonaan pada citra serta eksploitasi hasrat manusia yang dibebaskan hingga mencapai titik hampa tanpa makna sama sekali. Kemudian dalam buku Setelah Dunia Dilipat (yang merupakan Dunia yang Dilipat Volume 2), Yasraf mengajak kita merenungi kembali ihwal awal dan akhir hidup manusia.

Di antara berbagai tanggapan terhadap Dunia yang Dilipat Volume 1 saat pertama kali terbit tahun 1998, ada satu nada kritis yang cukup menarik, yaitu dari kalangan yang merasa keberatan “mengapa setelah Yasraf sedemikian fasih dan kritis memaparkan berbagai wacana teoretik yang memperlihatkan panorama budaya postmodern, solusinya malah mengajak kembali ke masjid?”

Hal menarik lainnya bahwa meskipun Yasraf adalah sosok intelektual yang menjelajahi belantara filsafat Barat dan wacana teoretik kebudayaan kontemporer, beliau tidak lantas ‘tersesat dan kehilangan jalan pulang’. Beliau tetap mempercayai bahwa agama menyimpan harapan sebagai solusi segala carut marut abad ke-21 ini. Dan apa yang dituliskannya dalam Dunia yang Dilipat Volume 1 masih tetap kontekstual hingga hari ini.

Pada buku Setelah Dunia Dilipat yang merupakan Volume 2 Dunia yang Dilipat, Yasraf masih tetap mencoba memperlihatkan paradoks, bahkan ironi, yang menggejala di tengah-tengah kehidupan masyarakat kontemporer. Jika dibahasakan dalam perkataan yang lebih dekat dengan khazanah Islam, dalam buku ini Yasraf mempertanyakan peran manusia sebagai khalifah fil ardhi atau khalifah di muka bumi yang seharusnya memakmurkan dan bukan merusak bumi, namun kenyataannya yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu manusia malah menjadi tak ubahnya parasit di muka bumi ini.

Segera dapatkan kedua buku ini. Dunia yang Dilipat seharga Rp 130 ribu dan Setelah Dunia Dilipat seharga Rp 120 ribu.  Harga bundling dua judul buku cukup Rp 200 ribu saja. Dapatkan pula harga diskon menarik untuk pembelian kolektif.

SPESIFIKASI BUKU

Dunia Yang Dilipat

  • Ukuran 15,5 x 23 cm
  • Jumlah halaman 544
  • ISBN 9786020708454
  • Tahun Terbit 2020

Setelah Dunia Dilipat

  • Ukuran 15,5 x 23 cm
  • Jumlah halaman 464
  • ISBN 9786020708461
  • Tahun Terbit 2020

PEMESANAN

Pemesanan dapat dilakukan di Tokopedia/Shopee pada akun toko kami:
https://www.tokopedia.com/bookstoresalman
https://shopee.co.id/salman_bookstore

atau:
SMS/WA ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB) dengan format: (1) nama lengkap, (2) judul buku, (3) jumlah eksemplar yang dipesan, (4) alamat lengkap pengiriman.

Akan kami kabari total biaya (plus ongkos kirim) dan rekening untuk pembayaran.

Konfirmasi Pemesanan
Setelah transfer, kirim foto/screenshot bukti transfer ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB).

SS Cover Bahasa Al-Quran yang Menakjubkan

BAHASA AL-QURAN YANG MENAKJUBKAN: ANTARA HAKIKAT MUKJIZAT DAN TUDUHAN KAUM WAHAM

Karya: Prof.Dr. Muhammad Imam Dawud

(Direktur Institut Pengajaran Al-Quran dan Ketua Umum Islamic Center Umraniyyah, Giza, Mesir-Guru Besar Linguistik Arab dan Islamic Studies di Suez Canal University Ismailia Mesir)

Buku ini adalah sebuah upaya yang mengagumkan dari Prof.Dr. Muhammad Imam Dawud dalam menjawab serangan yang mencoba menumbuhkan keraguan (syubhat) yang dialamatkan kepada Al-Qur’an. Di dalamnya, pembaca akan dapat meresapi betapa kokohnya Al-Qur’an sebagai sebuah mukjizat bagi umat manusia.

Perang terhadap Al-Qur’an sudah berlangsung sejak dahulu hingga masa sekarang. Perang ini bahkan sudah dimulai sejak saat-saat pertam akali Al-Qur’an diturunkan. Diantara bentuk serangan paling brutal yang dialami Al-Qur’an pada era Perang Salib adalah dalam bentuk karangan-karangan orientalis. Salah satunya berupa buku yang berjudul “Membuktikan Kesalahan Al-Qur’an”.

Para orientalis juga mulai menerjemankan kosa kata Al-Qur’an tanpa disertai maknanya ke bahasa Latin. Hal ini merupakan pintu masuk bagi tindakan pemutarbalikan dan penyelewengan terhadap kitab suci ini. Kendati demikian, sampai semua usaha mereka berakhir, Al-Qur’an tetap terjaga hingga hari ini dari segala keburukan.

Dapatkan buku langka dan berbobot ini hanya dengan harga Rp 120 ribu saja.

SPESIFIKASI BUKU

  • Ukuran 23,5 x 15,5 cm
  • Jumlah halaman 388
  • ISBN 9786239184704
  • Tahun Terbit 2019

PEMESANAN

Pemesanan dapat dilakukan di Tokopedia/Shopee pada akun toko kami:
https://www.tokopedia.com/bookstoresalman
https://shopee.co.id/salman_bookstore

atau:
SMS/WA ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB) dengan format: (1) nama lengkap, (2) judul buku, (3) jumlah eksemplar yang dipesan, (4) alamat lengkap pengiriman.

Akan kami kabari total biaya (plus ongkos kirim) dan rekening untuk pembayaran.

Konfirmasi Pemesanan
Setelah transfer, kirim foto/screenshot bukti transfer ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB).

KHUTBAH JUMAT SALMAN ITB

Tahun 2015, 2016 dan 2017

Karya: Tim Khatib Salman ITB

(Tokoh akademisi, da’i/alim ulama dan para profesional lokal maupun nasional)

Khutbah Jumat bukan sekadar pelengkap atau syarat sah shalat Jumat. Di dalam khutbah diharapkan termuat pesan-pesan luhur kepada sekian ribu umat Islam yang hadir. Buku ini memuat khutbah-khutbah Jumat terpilih Salman ITB setiap tahunnya selama tahun 2015, 2016 dan 2017.  Khutbah yang terpilih untuk dimuat dalam serial ini adalah khutbah yang dianggap paling inspiratif, tersaji secara runut dan mampu memberikan wawasan yang segar kepada jamaah.

Serial Khutbah Jumat Salman ITB dapat Anda peroleh dengan harga Rp 50 ribu per judul. Dapatkan harga khusus untuk pembelian bundling (sekaligus tiga judul).

SPESIFIKASI BUKU

  • Ukuran 20,5 x 14 cm
  • Jumlah halaman 199 (2015); 148 (2016) dan 130 (2017)
  • ISBN 9786026172327 (2015); 9786026172341 (2016); 9786026172358 (2017)
  • Tahun Terbit 2016; 2017; 2018

PEMESANAN

Pemesanan dapat dilakukan di Tokopedia/Shopee pada akun toko kami:
https://www.tokopedia.com/bookstoresalman
https://shopee.co.id/salman_bookstore

atau:
SMS/WA ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB) dengan format: (1) nama lengkap, (2) judul buku, (3) jumlah eksemplar yang dipesan, (4) alamat lengkap pengiriman.

Akan kami kabari total biaya (plus ongkos kirim) dan rekening untuk pembayaran.

Konfirmasi Pemesanan
Setelah transfer, kirim foto/screenshot bukti transfer ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB).

Buku Haji

HAJI: FALSAFAH, SYARIAH DAN RIHLAH

Karya: Dr. H. Asep Zaenal Ausop, M.Ag.

(Dosen Agama dan Etika Islam ITB, Pembimbing Haji KBIHU Salman ITB)

Ibadah haji adalah ibadah yang menuntut pengorbanan yang demikian besar, baik dari sisi finansial, tenaga, waktu dan juga mental. Alangkah sia-sianya jika ibadah haji hanya berlalu sebagai sebuah ritual belaka tanpa penghayatan dan pemaknaan yang mendalam. Buku ini hadir untuk mengupas berbagai aspek ibadah haji baik dari sisi syariat/fikih, makna/filosofi dan juga sebagai sebuah perjalanan rekreasi yang bermakna. Kupasan ini disajikan secara ringan namun tetap berbobot oleh Dr. Asep Zaenal Ausop yang berpengalaman puluhan tahun membimbing jamaah haji maupun umrah di tanah suci.

Buku menarik tentang ibadah haji ini dapat Anda peroleh dengan harga Rp 90 ribu per judul. Dapatkan harga khusus untuk pembelian kolektif.

SPESIFIKASI BUKU

  • Ukuran 21 x 14,5 cm
  • Jumlah halaman 388
  • ISBN 9786026172310
  • Tahun Terbit 2018

PEMESANAN

Pemesanan dapat dilakukan di Tokopedia/Shopee pada akun toko kami:
https://www.tokopedia.com/bookstoresalman
https://shopee.co.id/salman_bookstore

atau:
SMS/WA ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB) dengan format: (1) nama lengkap, (2) judul buku, (3) jumlah eksemplar yang dipesan, (4) alamat lengkap pengiriman.

Akan kami kabari total biaya (plus ongkos kirim) dan rekening untuk pembayaran.

Konfirmasi Pemesanan
Setelah transfer, kirim foto/screenshot bukti transfer ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB).

IMG-20180319-WA0022

TRIALEKTIKA AGAMA, BUDAYA, POLITIK

Editor: Alfathri Adlin

(Kumpulan tulisan hasil kuliah umum terpilih Salman ITB 2010-2016)

Menurut Arnold Gehlen, manusia lahir ‘prematur’ karena lemah secara biologis. Kelemahan biologis ini dikompensasikan dengan budaya yang membuat manusia bisa ‘mengatasi’ alam. Budaya merupakan hasil daya cipta manusia melalui akal budinya, namun seringkali malah menjadi berbenturan dengan agama sebagai tuntunan hidup bagi manusia dari Tuhan. Dalam bahasa Latin, kata religio  dikaitkan dengan re-ligare yang berarti mengikat kembali. Hal ini seakan mengisyaratkan bagaimana daya cipta manusia melalui budaya yang bebas seperti berbenturan dengan religi (agama) yang mencoba mengikat kembali ‘kebebasan’ tersebut agar terus menerus berpaling kepada sesuatu (relegare). Di sisi lain, politik—yang berasal dari kata ‘polis’ (negara kota di Yunani)—definisinya yang paling umum adalah ‘tatanan hidup bersama’ yang bukan berdasarkan ras, etnis, agama atau pun perbedaan gender, melainkan komunitas hidup bersama yang dibentuk oleh konstitusi, sebab merupakan perpindahan dari kondisi ‘hidup tidak bersama’.

Lalu, bagaimana jadinya jika agama, budaya dan politik bertemu? Trialektika inilah yang ingin coba dibahas dalam antologi ini. Mulai dari primordialisme dan budaya, lalu beralih ke pertanyaan apakah negara teokrasi memang perlu atau pluralisme dan dialog antar budaya yang dikedepankan? Bagaimana dengan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk memeluk suatu agama namun memilih ideologi non-teokrasi, yaitu Pancasila? Bagaimana dengan wajah agama yang kerap diidentikkan dengan kekerasan, dan diantaranya dalam bentuk represi terhadap perempuan dan kebebasan berpikir? Buku ini kemudian juga membahas wilayah sastra, media digital dan film. Pembahasan ditutup dengan maraknya fenomena hijrah di komunitas subkultur dan pemusik underground.

Inilah buku antologi yang disusun dari hasil diskusi selama lebih kurang 2 tahun, kerjasama Studia Humanika Salman ITB dan Forum Studi Kebudayaan (FSK) FSRD ITB.

Buku padat dan berbobot ini dapat Anda peroleh dengan harga Rp 95 ribu. Dapatkan harga khusus untuk pembelian kolektif.

SPESIFIKASI BUKU

  • Ukuran 24 x 15,5 cm
  • Jumlah halaman 376
  • ISBN 9786029876291
  • Tahun Terbit 2017

PEMESANAN

Pemesanan dapat dilakukan di Tokopedia/Shopee pada akun toko kami:
https://www.tokopedia.com/bookstoresalman
https://shopee.co.id/salman_bookstore

atau:
SMS/WA ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB) dengan format: (1) nama lengkap, (2) judul buku, (3) jumlah eksemplar yang dipesan, (4) alamat lengkap pengiriman.

Akan kami kabari total biaya (plus ongkos kirim) dan rekening untuk pembayaran.

Konfirmasi Pemesanan
Setelah transfer, kirim foto/screenshot bukti transfer ke nomor https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB).

Cover KEAGUNGAN DOA OK

KEAGUNGAN DOA

Karya: Syaikh Junaid Thahir Ismail

(Profesional Muslim Qatar)

 

Tiada detik berlalu tanpa doa, demikianlah keseharian hidup seorang Muslim. Sejak bangun tidur hingga kembali tidur, setiap bentuk aktivitas positif yang dijalani tanpa doa terancam menjadi kesia-siaan. Bukan tanpa alasan jika Allah Swt. lewat Rasul-Nya mengajarkan ratusan macam doa. Doa-doa yang dipanjatkan siang dan malam ini tidak hanya bertujuan memberikan keselamatan dan kecukupan hajat di dunia maupun akhirat, akan tetapi juga membangun kedekatan dengan-Nya.

Karena fungsi doa seperti di atas, Allah Swt. menyebut doa sebagai ibadah, sesuai dengan firman­-Nya, Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan yang hina (QS Ghafir [40]:60). Doa sebagai sarana ibadah sekaligus sarana bermohon pada hakikatnya adalah perpaduan antara tauhid uluhiyah dan tauhid rububiyyah.iada detik berlalu tanpa doa, demikianlah keseharian hidup seorang Muslim. Sejak bangun tidur hingga kembali tidur, setiap bentuk aktivitas positif yang dijalani tanpa doa terancam menjadi kesia-siaan. Bukan tanpa alasan jika Allah Swt. lewat Rasul-Nya mengajarkan ratusan macam doa. Doa-doa yang dipanjatkan siang dan malam ini tidak hanya bertujuan memberikan keselamatan dan kecukupan hajat di dunia maupun akhirat, akan tetapi juga membangun kedekatan dengan-Nya.

Bagaimana agar doa-doa kita diterima? Bagaimana menyikapi doa yang belum juga terkabulkan? Apa saja hikmah-hikmah doa? Dan juga doa-doa pilihan apa saja yang teramat penting untuk kita lewatkan? Anda akan menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam buku ini. Buku ini adalah karya Syaikh Junaid Thohir, seorang profesional Muslim muda dari Qatar, yang meluangkan waktunya melakukan studi dan merangkum mutiara-mutiara ilmu tentang doa.

Buku ini merupakan sumbangan dari Syaikh Junaid selaku penulis, bagi kaum Muslimin dan Muslimat di manapun mereka berada. Bagi yang berminat memperolehnya, silakan mengontak CP Penerbit Salman ITB di bawah ini (dengan mengganti ongkos kirim), atau mendapatkannya langsung di Perpustakaan Salman Reading Corner.

SPESIFIKASI

  • Ukuran 23,5 x 15,5 cm
  • Jumlah halaman 304
  • ISBN 9786026172396
  • Tahun Terbit 2020

PEMESANAN

Silakan kontak https://wa.me//+6282320489581 (Penerbit Salman ITB) untuk memesan buku ini (buku gratis, ongkos kirim ditanggung pemesan). Infak tidak dibatasi, silakan transfer seikhlasnya untuk penerbitan buku-buku sejenis ke Virtual Account BNI Nomor 9881518900664613 (BPP – PENERBITAN BUKU & JURNAL).

Back To Top