YPM Salman Mendapat Kunjungan Dr. Yo Nonaka, Peneliti Islam Dari Jepang


Share

YPM Salman ITB mendapat kunjungan dari Dr. Yo Nonaka pada Kamis (8/9) di Masjid Salman ITB. Yo Nonaka merupakan Associate Professor, Faculty of Policy Management Keio University yang akan melakukan penelitian mengenai perkembangan Islam dan kaum muda di Indonesia, salah satunya gerakan di Masjid Salman ITB. Dalam kunjungannya, Yo Nonaka disambut oleh Direktur Eksekutif YPM Salman, Salim Rusli dan Pembina YPM Salman, Nashir Budiman.

Yo Nonaka mengungkapkan, dirinya pertama kali mengenal Masjid Salman saat 20 tahun yang lalu, ketika melakukan penelitian tentang fenomena jilbab di Indonesia zaman orde baru, yang saat itu penggunaan jilbab masih dilarang di sekolah negeri. Dia bertemu banyak perempuan berjilbab di Bandung dan mayoritas merupakan aktivis Salman. kemudian ia memiliki pandangan bahwa gerakan di Masjid Salman sangat memberikan pengaruh. Maka dari itu, ia melakukan penelitian untuk tesis di Masjid Salman. 

“Kegiatan di Masjid Salman sangat beragam, disini tidak hanya mahasiswa ITB saja yang aktif tetapi mahasiswa dari berbagai kampus. Para alumni juga tetap terlibat dan kompak untuk menyebarkan ajaran Islam,” jelas Yo Nonaka.

Yo Nonaka berharap kegiatan di Masjid Salman masih terus berlanjut dan mendorong masyarakat Islam Indonesia untuk tetap kompak walaupun beragam. Ia sudah menganggap Indonesia sebagai rumah kedua baginya, maka dari itu Yo Nonaka berharap dapat  menjembatani antara Islam di Indonesia dan Jepang.