Ustadz Tiar : Asyura dan Kemerdekaan Indonesia adalah Hadiah dari Allah SWT


Share

Bidang Dakwah Salman kembali mengadakan Kajian Ifthar Shaum Senin dan Kamis (Kissmis) secara hybrid.  Kismiss diadakan pada Senin (08/08) di Masjid Salman ITB dan live streaming Youtube Salman TV. Kismiss ini bertepatan dengan puasa 10 Muharram (saum Asyura) . Tema dalam kajian ini adalah Relevansi Semangat Muharam dengan Momentum Kemerdekaan Republik Indonesia.  Penceramah pada kajian ini adalah Ustadz Dr. Tiar Anwar Bakhtiar, M.Hum yang merupakan pakar sejarah Islam. Pada kajian ini, dibagikan juga konsumsi berbuka puasa secara gratis.

Ustadz Tiar mengungkapkan pada zaman Nabi shalallahu’alaihiwassallam, 10 Muharram merupakan hari besar yang dikenang.  Pada umat terdahulu, shaum Asyura diwajibkan untuk Bani Israil karena memperingati diselamatkannya Nabi Mussa AS dan peristiwa ditenggelamkannya Firaun.  Ketika tahun ke-2 Hijriah, turun QS. Al Baqarah: 185 tentang perintah berpuasa. Otomatis puasa wajib hanya ketika Bulan Ramadhan. Namun, Rasulullah berkata apabila ada yang ingin saum ketika 10 Muharram maka saum-lah, seandainya aku berkesempatan aku akan saum pada 9 Muharram. Maka saat ini saaum Asyuro disunnahkan. 

Relevansi 10 Muharram dengan kemerdekaan Indonesia adalah dua-duanya merupakan momen kebahagiaan dan anugrah dari Allah SWT.  Hal itu tercantum dalam pembukaan UUD 1945 bahwa kemerdekaan merupakan atas berkat Rahmat Allah yang Maha Kuasa. Maka dari itu Asyuro adalah hari kebahagiaan dan kegembiraan harus diekspresikan dengan mendekatkan diri pada Allah SWT. Kegembiraan kemerdekaan diekspresikan dengan ikut turun serta dalam peradaban Islam di Indonesia untuk mewujudkan Islam rahmatan lil alamin.

Pada kajian ini juga dibagikan konsumsi untuk berbuka puasa secara gratis. Konsumsi dibungkus menggunakan wadah plastik yang dapat digunakan kembali. Hal itu merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Salman Ramah Lingkungan. Bagi jamaah Salman yang ingin mengetahui informasi mengenai kajian-kajian di Masjid Salman ITB dapat mengunjungi Instagram @salmanitb atau website salmanitb.com