Tingkatkan Penyediaan Fasilitas Air Bersih, LWP PWNU Jabar Tandatangani MoU dengan Wakaf Salman ITB


Share

Wakaf Salman melakukan kunjungan ke Lembaga Wakaf dan Pertanahan Pengurus Wilayah  Nahdlatul Ulama (LWP PWNU) Jawa Barat di Ruang Rapat Lantai Satu, Gedung Dakwah  PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung, No. 9, Lengkong, Kota Bandung, pada Kamis  (09/07/2022). Agenda kunjungan tersebut juga membahas rencana kerja sama untuk  meningkatkan kolaborasi pengelolaan wakaf LWP PWNU Jabar dengan Wakaf  Salman ITB, termasuk dalam pengelolaan penyediaan fasilitas air bersih. 

“Kami sengaja hari  ini datang untuk melakukan MoU dalam rangka meningkatkan kerja sama untuk pengelolaan  penyediaan fasilitas-fasilitas air bersih untuk di pesantren, di sekolah, untuk di masjid dan juga  barang kali bisa kerja sama untuk pengelolaan aset-aset yang barangkali bisa saling  menguntungkan untuk kedua pihak,” ujar Direktur Wakaf Salman ITB, Hari Utomo di Gedung  Dakwah PWNU Jabar. 

Hari juga menyampaikan bahwa ke depan diharapkan akan ada beberapa program dengan LWP PWNU untuk dikelola bersama agar lebih produktif.  “Seperti diketahui bahwa kita ini kadang memiliki aset-aset yang cukup banyak. Jika ini  dikolaborasikan bisa jadi lebih efektif, cepat terwujudnya wakaf produktif tersebut” jelasnya. 

Sementara itu, pihak LWP PWNU Jabar menyambut baik ajakan kerja sama yang memang  sudah direncanakan sebelumnya. “Saya mengucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah swt.  karena mempertemukan dengan pengurus Wakaf Salman ITB dan dapat mengaktualisasikan  dengan MoU antara Lembaga Wakaf PWNU Jabar dengan Lembaga Wakaf Salman ITB.  Sehingga, apa yang kita rencanakan tersebut bisa kita implementasikan seperti apa yang telah  dijelaskan,” jelas Ketua LWP PWNU Jabar, H Amir Amiruloh. 

“Karena saya tempo hari  pernah menjelaskan, kita itu di NU khususnya barusan juga kita mendapatkan informasi bahwa  ada sekitar 11.600 aset yang saat ini sedang disertifikasi melalui kerja sama dengan  Kementerian ATR/BPN dan di wilayah diintegrasi sehingga aset itu kalau sudah tersertifikasi, tinggal mau diapakan agar produktif,” imbuhnya. “Kemudian ketika nanti memerlukan  desainer ataupun arsitek kami pun dapat meminta referensi kepada pengurus Wakaf Salman  ITB dan seluruh kegiatan lain yang bisa untuk pemberdayaan wakaf,” tandasnya. 

Dari MoU tersebut, Lembaga Wakaf Salman ITB dan LWP PWNU Jabar akan bekerja sama di antaranya dalam peningkatan pengelolaan penyediaan fasilitas-fasilitas air bersih di pondok pesantren, sekolah, dan masjid. Program kerjasama tersebut diharapkan dapat berlangsung dengan lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak.