Tanggapi Surat Edaran MUI Bandung, Shaf Shalat Masjid Salman ITB Kembali Rapat


Share

(Rumah Amal Salman, Bandung) - Sahabat Amal, seiring semakin melandainya kasus Covid-19, Majelis Ulama Indonesia Kota Bandung mengeluarkan surat edaran agar para pegiat masjid, pengurus DKM serta jamaah kembali memakmurkan masjid. Berdasarkan edaran tersebut, Masjid Salman ITB mencabut pembatas shalat yang selama ini direnggangkan.

Hari ini, Jumat 22 April 2022 juga menjadi shalat jumat pertama dengan shaf yang sudah rapat. Hal yang amat sangat membahagiakan ini tentu perlu kita syukuri bersama. Selain itu, di 10 malam terakhir Ramadhan Masjid Salman membuka pendaftaran kegiatan i’tikaf bagi masyarakat yang ingin memaksimalkan ibadah di sisa bulan kemuliaan ini.

Pendaftaran i’tikaf sudah dibuka sejak Senin, 18 April 2022 dan dibatasi hanya untuk 500 jamaah. Ketua Yayasan Masjid Salman ITB, Suwarno menyampaikan pembatasan jumlah jamaah disesuaikan dengan kapasitas masjid. Dia mengatakan, kenyamanan jamaah selama menjalani i’tikaf tetap menjadi prioritas panitia. Ia juga menegaskan bahwa panitia akan terus memastikan terlaksananya protokol kesehatan selama prosesi i’tikaf, terutama penggunaan masker dan penerapan jarak sosial.

Aktifnya kegiatan di Masjid Salman ITB tentu saja sangat dirindukan oleh umat muslim, khususnya warga Bandung. Ia berharap semoga kegiatan tahun ini dapat berjalan dengan lancar. 

“Ini menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu dan akan selalu menjadi kenangan baik bagi umat Muslim dalam menjalani ramadhan. Mudah-mudahan kita bisa jalani dengan baik dan panitia bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin,” harapnya. 

Adapun total kapasitas ruang sholat Masjid Salman, termasuk area luar masjid, dapat menampung sekitar 1700-2000 jamaah. Sedangkan kapasitas ruangan utama masjid, selasar, lantai dua, dan gedung serba guna, yang menjadi tempat pelaksanaan i’tikaf, dapat menampung kurang lebih 1200 jamaah. Dengan pembatasan kuota jamaah i’tikaf tahun ini yang berjumlah 500 jamaah, hanya mengisi kurang dari setengah kapasitas total masjid. 

Perlu diketahui, kegiatan yang diadakan di Masjid Salman ITB sebagian besar dibiayai oleh dana zakat dan infak yang Jamaah titipkan. Kesempatan bersedekah masih terbuka lebar, Sahabat Amal bisa mengunjungi website donasi yang tertera di beranda Rumah Amal Salman https://rumahamal.org/project. ***