Savior Adakan Sosialisasi Pemilahan Sampah Untuk Karyawan YPM Salman


Share

Salman Environment Rangers (Savior) mengadakan sosialisasi dan edukasi pemilahan sampah kepada karyawan YPM Salman pada Rabu (02/11). Sosialisasi ini disampaikan ketika apel pagi yang rutin dilaksanakan di Gedung Serbaguna (GSG) Masjid Salman. Sosialisasi pemilahan sampah ini sebagai langkah awal agar sampah yang dihasilkan bisa diolah dengan baik dan mengurangi pembuangan ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). 

Sosialisasi disampaikan oleh Asisten Riset Kajian Internal Dewan Pakar, Lulu Nailufaaz. Lulu menyampaikan perubahan kebiasaan membuang sampah sesuai jenisnya harus dimulai dari hal terkecil dan diri sendiri. Nantinya di kantor setiap bidang yang awalnya hanya ada satu tempat sampah, akan ditambah menjadi 3 tempat sampah terpilah sesuai jenisnya. 

Saat ini Masjid Salman sedang mengupayakan untuk menjadi masjid yang ramah lingkungan. Di Masjid Salman sudah ada 5 tempat sampah terpilah sesuai jenisnya dan terdapat 5 drum komposter untuk mengelola sampah organik agar tidak terbuang ke TPA. Lulu berharap kerjasama dari semua karyawan Salman agar kebiasaan baik ini bisa dilakukan bersama-sama. 

Hal yang serupa disampaikan oleh General Manager Wakaf Salman, Gun Gun Saptari Hidayat selaku pemberi arahan apel pagi. Ia menyampaikan ada 3 kelalaian manusia yang dapat merusak bumi yaitu membuang sampah sembarangan, mubazir terhadap makanan dan tidak membuang sampah sesuai jenisnya.  

Gun Gun mengingatkan bahwa bumi ini merupakan amanah dari Allah Swt. dan semua amanah harus dipertanggungjawabkan. “Maka dari itu, mari menjaga amanah Allah salah satunya dengan mengurangi barang sekali pakai, memisahkan sampah sesuai jenis dan memanfaatkan sampah dengan mengelolanya dengan baik,” tutur Gun Gun.