Salman Spiritual Camp 34 Diadakan Secara Luring, Peserta Diajak Tour Salman


Share

Badan Mahasiswa Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB mengadakan Salman Spiritual Camp ke-34 (SSC 34) pada Sabtu (11/06) - Minggu (12/06). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Masjid Salman ITB. Pada kegiatan SSC 34 terdapat satu kegiatan yang baru dan beda dari SSC sebelumnya. Kegiatan tersebut adalah tour Salman. Para peserta diajak mengelilingi area Masjid Salman agar lebih mengenal dekat Salman ITB. 

Hari pertama dimulai dengan Upacara pembukaan. Di hari pertama materi yang disampaikan mengenai Tauhid, Manusia dan Alam Semesta serta materi kesalmanan. Kemudian terdapat juga tour salman di hari pertama yang menjadi pembeda antara SSC 34 dengan SSC sebelumnya. Ikhwan, Ketua SSC 34 mengungkapkan bahwa ia kagum dengan para peserta yang rela jauh-jauh untuk ikut SSC dan antusias ketika pelaksanaan tour Salman.

Arafah, Wakil Ketua SSC 34 mengungkapkan tujuan dari tour Salman secara langsung agar peserta lebih kenal dengan Salman dan tau bahwa Salman merupakan representasi peradaban Islam. Pada hari kedua terdapat pemberian materi mengenai Manusia dan Peradaban  serta Manusia dan Agama. Kemudian terdapat outing untuk mengenal hal-hal di luar area Salman. 

Outing dilakukan dengan para peserta mewawancarai pekerja yang memiliki pekerjaan yang kita tidak sadari memberikan dampak besar terhadap kehidupan. Hasil dari outing dikaitkan dengan 7 nilai Salman yang telah diajarkan. Tujuh nilai tersebut adalah Merdeka, Jujur, Hanif, Sabar, Syukur, Kerjasama, Rahmatan Lil Alamin dan Ihsan. Di akhir kegiatan terdapat pelantikan bagi peserta SSC untuk menjadi Aktivis Salman. Terdapat 179 peserta yang dilantik dari 181 peserta yang hadir. Dua peserta yang tidak dilantik disebabkan tidak mengikuti kegiatan inti dari SSC dikarenakan sakit.

Untuk menjaga kebersihan selama kegiatan, panitia menyediakan Tim Zero Waste yang bekerjasama dengan Savior dalam pemilahan sampah. Tim konsumsi juga memperhatikan makanan yang dihasilkan agar dapat mengurangi sampah. Para peserta juga diikutsertakan dalam menjaga kebersihan dengan melaksanakan operasi semut di akhir acara. 

Ikhwan berharap dari kegiatan SSC para peserta dapat menanamkan dasar-dasar islam. Diharapkan para peserta sebagai muslim tidak hanya mengerjakan ibadah mahdhah saja tetapi ditambahkan dengan ibadah sosial. Harapan lain juga disampaikan Arafah, ia berharap bahwa aktivis yang telah dilantik dapat berkarya di daerah sendiri minimal di keluarganya. Serta dapat membawa nilai-nilai Salman dan menerapkannya di dalam kehidupan.