Rumah Amal Terima Penghargaan dari Bunda Literasi Kabupaten Kuningan sebagai Mitra Program Literasi


Share

(Rumah Amal Salman, Bandung) – Rumah Amal Salman menerima penghargaan dari Bunda Literasi Kabupaten Kuningan sebagai mitra program literasi. Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi Rumah Amal Salman dalam program - program literasi yang bekerja sama dengan forum TBM yang berada di Kabupaten Kuningan. 

Penghargaan yang diberikan pada Sabtu, 18 Juni 2022 di Aula Kuningan Islamic Center (KIC) ini merupakan bagian dari kegiatan “Seminar Literasi Buku Cerita Anak Berkualitas”. Kegiatan yang mengambil tema “Dari Bunda Literasi Untuk Anak Indonesia” dihadiri oleh berbagai pihak. Di antaranya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan, Jabar Bergerak Kab. Kuningan. 

Selain itu, para penggerak literasi di berbagai desa, patriot desa, para penggerak TBM di berbagai wilayah di kuningan, dan sejumlah lembaga filantropi zakat seperti Baznas Kuningan, DT Peduli Kuningan, dan Rumah Amal Salman juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. 

Pada sesi pemberian penghargaan, Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, hj Ika Acep Purnama menyampaikan terima kasih atas kontribusi Rumah Amal Salman terhadap program literasi dan tentunya kolaborasi kebaikan bisa terus terjalin.

Atas penghargaan yang diberikan, Rumah Amal berharap momen ini bisa menjadi pemacu untuk terus semangat menjalankan program- program strategis di bidang pendidikan. 

“Kita semua meyakini program pendidikan ini menjadi program yang penting untuk memajukan segala hal dimulai pendidikan yang baik dan unggul,” kata Direktur Rumah Amal, Agis Nurholis. 

Agis juga menambahkan, ia sangat mengapresiasi pergerakan forum TBM Kabupaten Kuningan yang mampu membuat program strategis di bidang literasi dalam waktu yang singkat. Setidaknya dalam waktu tersebut Kabupaten Kuningan sudah mendirikan 25 TBM.

Forum TBM sendiri merupakan program gerakan literasi yang mewadahi berbagai komunitas untuk bergerak di bidang literasi dan sosial. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan mewujudkan masyarakat yang literat. Kegiatan ini sudah diadopsi berbagai wilayah termasuk TBM Kabupaten Kuningan.

Sedangkan Bunda literasi merupakan sosok ibu pemimpin yang dilantik dan diberikan tugas oleh masing – masing daerah. Tidak hanya meningkatkan minat baca, Bunda Literasi juga memiliki peran untuk mengedukasi dalam hal menulis, menonton, berdiskusi, bertukar wawasan serta dapat menjadi solusi bagi banyak orang dalam membangun lingkungan terdidik dan kreatif. 

Baik forum TBM ataupun Bunda Literasi memiliki peranan besar untuk mendukung Indonesia memiliki masa depan dengan generasi yang lebih baik. ***