Rumah Amal Salman Kembangkan Asisten Amal Virtual


Share

 

(Rumah Amal Salman, Bandung) - Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi merupakan salah satu upaya Rumah Amal Salman dalam meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat. Untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran zakat, infak, atau kebaikan lainnya, Rumah Amal Salman mengembangkan sebuah program otonom (bot) yang dapat berinteraksi secara otomatis dengan sistem atau pengguna di aplikasi perpesanan WhatsApp dan Telegram.

WhatsApp dan Telegram merupakan aplikasi perpesanan instan yang dapat dioperasikan di berbagai gadget. Bot ini menyediakan berbagai menu zakat, infak, atau kebaikan lainnya dengan berbagai pilihan metode pembayaran seperti transfer bank (BSI, BNI, Mandiri) dan scan QRIS dari berbagai aplikasi (mobile banking, LinkAja, Shopee, OVO, GoPay, dll.).

"Kita tidak perlu direpotkan mengunduh aplikasi tertentu, membuka website tertentu, atau mendatangi tempat tertentu untuk dapat berzakat. Untuk pembayaran zakat yang cepat, aman, dan sederhana, bot ini adalah jawabannya. Ini adalah yang pertama bagi dunia filantropi Islam,” kata Romi Hardiansyah, Inisiator Asisten Amal Virtual.

Romi juga menambahkan, dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, transaksi melalui bot ini memiliki berbagai keunggulan, di antaranya tidak perlu ribet konfirmasi donasi, verifikasi pembayaran otomatis yang dilengkapi dengan qabul dan bukti penerimaan kuitansi (PDF),  dan tentu saja aplikasi ini lebih privasi, sederhana, aman, dan bersahabat.

Selain untuk pembayaran zakat, infak, atau kebaikan lainnya, bot Rumah Amal Salman juga dilengkapi dengan laporan keuangan dan berbagai layanan lainnya.  Setiap transaksi yang dilakukan melalui bot akan terekam dan dapat dicek melalui dokumen riwayat transaksi yang bot sajikan. Jadi, donatur tidak perlu khawatir terlupa kapan terakhir berzakat atau penunaian kebaikan lainnya.

Untuk meresmikan aplikasi bot ini, Rumah Amal Salman akan mengadakan launching Asisten Amal Virtual pada Selasa, 2 November 2021 pukul 09.30 – 12.00 WIB melalui ruang virtual.

Adapun rincian agenda dalam kegiatan awal November nanti, di antaranya adanya penyampaian materi dan tutorial penggunaan bot. Kegiatan ini terbuka secara umum sebagai bentuk edukasi kami kepada masyarakat secara luas.

Kegiatan ini akan menghadirkan beberapa tamu undangan spesial, di antaranya, Drs. H. Tarmizi, M.A. (Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama), Bambang Suherman (Ketua Forum Zakat Nasional), Prof. Dr. Ir. H. Suwarno, M.T. (Ketua Yayasan Rumah Amal), dan Muhammad Kamal Muzakki, S.Si., EPC (Direktur Rumah Amal Salman).

Selain itu, kami juga akan mengundang instansi pemerintah, organisasi pengelola zakat, organisasi filantropi non zakat, mitra penggalang dana, mitra kampus, donatur, media massa, dan tentunya pengurus internal Rumah Amal Salman.

“Pengembangan bot ini merupakan ikhtiar kami untuk memudahkan kita dalam menunaikan kewajiban dan menjadi jalan kebaikan bagi mereka yang kekurangan lagi membutuhkan,” pungkas Muhammad Kamal Muzakki, Direktur Rumah Amal Salman. ***