Rumah Amal Salman Adakan Donor Darah di Salman ITB


Share

Rumah Amal Salman (RAS) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung mengadakan donor darah di GSS lantai 2 Masjid Salman ITB. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (17/06). Donor darah diadakan sebagai bentuk kepedulian Salman terhadap penyintas atau orang-orang yang membutuhkan suplai darah.

Peserta yang mengikuti donor darah melakukan pendaftaran secara on the spot.  Setelah mengisi data diri dan riwayat kesehatan, peserta diperiksa oleh tenaga kesehatan untuk dipastikan kondisi badannya siap menjadi pendonor. Kemudian peserta yang telah mendonor diberikan snack nutrisi. Total pendonor hari ini berjumlah 45 orang.

Donor darah merupakan program RAS bagian kemanusian. Adanya program ini bertujuan untuk membantu jiwa-jiwa yang membutuhkan darah dan secara tidak langsung membantu suplai kebutuhan darah di PMI Kota Bandung. Selain itu, adanya donor darah secara tidak langsung sebagai bentuk pelayanan kepada Jamaah Masjid Salman yang membutuhkan darah.

Program donor darah juga dibantu oleh aktivis-aktivis Salman yang tergabung dalam P3RI dan asrama Salman. Menurut Fauzan , bagian program RAS donor darah ini memang bukan program rutin dari Rumah Amal tetapi ia berharap kedepannya program donor darah bisa dilaksanakan secara rutin. 

Fauzan mengungkapkan harapan kedepannya bahwa Masjid Salman sebagai masjid yang melayani umat dapat terus membantu kebutuhan umat salah satunya kebutuhan darah karena darah merupakan plasma inti kehidupan.  Melalui kerjasama dengan PMI diharapkan dapat membantu kebutuhan tersebut.