Rumah Amal Kembali Berangkatkan Tim Kemanusiaan Ke Cianjur


Share

Pada Kamis (24/11), Rumah Amal Salman kembali memberangkatkan tim kemanusiaan ke lokasi gempa Cianjur. Keberangkatan kali ini untuk meninjau lokasi kebutuhan pembangunan Shelter bagi penyintas gempa Cianjur. Ada 8 relawan yang diturunkan ke lokasi bencana. 

Mereka yang tergabung di Rumah Relawan Muda Rumah Amal di antaranya, Deffany (UPI), Siti Anisa (UNPAD), Himmatul Ulya (Poltekkesos), Muhammad Syaifan (UPI), Mohammad Afif (UIN), Vida Adlia (UNISBA), Puput Putriani (UNINUS), dan Ikhsan Fadly (UIN). Manager Program, Muhammad Fajar Akbar Shiddiq dan Kepala BSO Layanan Dasar, Muhayan juga ikut dalam misi kemanusiaan ini. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok untuk meninjau lokasi Shelter di Desa Benjot dan Desa Kadudampit Kabupaten Cianjur.

Sebelumnya pada Selasa (22/11) Rumah Amal juga sudah memberangkatkan tim kemanusiaan dengan menyediakan layanan ambulan gratis dan mengirimkan 2 tabung oksigen ukuran 6 m3. Bantuan tersebut diperlukan, sebab RSUD Sayang Kota Cianjur sudah over kapasitas dan Ambulan di Cianjur juga terbatas. Sehingga sebagian besar pasien harus dirujuk ke luar daerah. Selain itu, Rumah Amal juga mengirimkan makanan siap saji (30 pcs Paspanena) titipan dari donatur.

Rencananya aksi tanggap darurat dalam jangka dekat ini, Rumah Amal akan melakukan pembangunan Shelter hunian bagi penyintas, pembangunan Shelter komunal untuk Rumah Sakit Darurat/Posko, dukungan kebutuhan dasar (Hygiene kit, pokok bayi dan dewasa, selimut, dll), pendampingan psikososial anak, pendidikan anak-anak/sekolah darurat, dan dapur umum/pemenuhan kebutuhan dasar penyintas dan penyediaan air bersih siap minum. Sedang untuk program recovery jangka panjang Rumah Amal akan membangun, Huntara, Huntap, dan Fasilitas Umum. 

Sahabat Amal, saudara kita yang terdampak di Cianjur saat ini sangat memerlukan uluran tangan kita. Mari berdonasi untuk Gempa Cianjur melalui Bank Syariah Indonesia 633 633 4348 atas nama Rumah Amal Salman. Donasi yang Sahabat titipkan akan sangat membantu mereka. **