Rumah Amal Bersama OPZ FOZ Sediakan Layanan Ambulan Gratis untuk Korban Gempa Cianjur


Share

Sahabat Amal, Rumah Amal bersama anggota Forum Zakat lainnya menyediakan 31 unit ambulan gratis untuk penanganan korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Gempa berkekuatan 5,6 Magnitudo yang terjadi Senin (21/11) kemarin telah memporak-porandak bumi Cianjur. 

BMKG juga mencatat gempa susulan terus terjadi pasca gempa pertama. Hingga Selasa (22/11) setidaknya gempa susulan telah terjadi sebanyak 122 kali. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur juga menyampaikan musibah ini menelan 62 korban meninggal dunia, mayoritas anak-anak. 362 orang luka ringan hingga berat. Selain korban meninggal dan luka, 2.345 unit rumah dilaporkan rusak berat dan sebanyak 13.400-an orang mengungsi.  

Sejak musibah ini terjadi, Rumah Amal bersama OPZ lainnya langsung berkoordinasi untuk segera melakukan evakuasi di lokasi – lokasi terdampak. Termasuk merilis kontak ambulan agar bisa diakses oleh siapapun yang membutuhkan. 

“Rumah Amal bersama OPZ FOZ ikut serta menyediakan layanan ambulan untuk digunakan di lokasi bencana. Masing-masing lembaga juga merilis kontak ambulan agar bisa diakses oleh siapapun yang membutuhkan,” kata Agis Nurholis, Direktur Rumah Amal Salman.

Di sisi lain, Ketua Bidang Kerjasama dan Sinergi, Zainal Abidin juga menyampaikan, saat ini sudah ada 47 lembaga anggota Forum Zakat yang turun ke lokasi bencana.

“Dalam proses penanganan ini, kami terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat baik terkait dengan pendataan jumlah korban jiwa juga kebutuhan mendesak agar tidak terjadi penumpukan bantuan sehingga bantuan tersebar merata,” kata Zainal.

Adapun di lapangan, kebutuhan yang mendesak meliputi Ambulance dan Layanan Medis, Emergency Shelter Kit (tennda, terpal, selimut, alas tidur, sarung, alat penerangan), Obat-obatan, Makanan siap saji, dan Air mineral. 

Menanggapi kondisi ini, Rumah Amal Salman mengajak Sahabat sekalian untuk berdonasi melalui Bank Syariah Indonesia [451] 633 633 4348 atas nama Rumah Amal Salman. Rumah Amal juga mengupayakan agar donasi yang terhimpun dibelanjakan untuk kebutuhan masyarakat terdampak Cianjur dari dan untuk masyarakat Cianjur. ***