Rumah Amal Ajak Masyarakat Bangun Shelter untuk Korban Gempa Cianjur


Share

Sahabat Amal, tidak bisa kita bayangkan bagaimana mencekamnya suasana di Cianjur saat ini. Dalam sekejap mereka kehilangan tempat tinggal dan sanak saudara. Gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur pada Senin, 21 November 2022 sangat memprihatinkan.

Berdasarkan data dari BMKG mencatat gempa susulan terus terjadi pasca gempa pertama. Hingga Selasa, 22 November 2022 setidaknya gempa susulan telah terjadi sebanyak 122 kali. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur juga menyampaikan musibah ini menelan 162 korban meninggal dunia, mayoritas anak-anak. 362 orang luka ringan hingga berat. Selain korban meninggal dan luka, 2.345 unit rumah dilaporkan rusak berat dan sebanyak 13.400-an orang mengungsi.  

Data tersebut mengartikan tidak hanya ribuan rumah yang rata dengan tanah, sejumlah fasilitas umum seperti rumah sakit pun mengalami kerusakan. Dampaknya warga harus mengungsi dan beberapa warga yang mengalami luka – luka juga belum tertangani, sebab rumah sakit penuh.  

Dengan perkembangan data pengungsi yang semakin banyak dibutuhkan hunian sementara yang digunakan sebagai transit pengungsi. Tenda yang ada di lapangan tidak dapat menampung sebab saking banyaknya warga yang terdampak. Selain itu, tenda juga dibutuhkan untuk posko kesehatan, sebab rumah sakit tidak dapat menampung penanganan korban luka. 

Oleh karenanya, kebutuhan mendesak yang diperlukan warga berupa tenda darurat, alat kesehatan terutama untuk warga yang mengalami patah tulang, makanan, serta sandang (tenda dan hunian). Baik tenda dan hunian sementara ini sangat diperlukan hingga warga cukup aman melakukan relokasi pemukiman selesai. 

Rumah Amal Salman mengembangkan produk keteknologian hunian sementara untuk para korban bencana berupa Shelter. Shelter merupakan kerangka seperti tenda namun lebih kokoh karena pondasi terbuat dari kayu/bambu. Shelter dibangun dengan melalui perenungan intelektual agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penyintas bencana. Tidak hanya untuk tempat mengungsi, shelter juga bisa digunakan untuk menangani luka-luka dan termasuk beribadah. 

Mari bantu saudara kita yang terdampak, dengan berdonasi melalui Bank Muamalat [147] 1020017555 a.n. Rumah Amal Salman. Informasi dan konfirmasi 08112228333. Semoga Allah menjaga kita dari mara bahaya. **