Persiapkan Kerja Sama dengan APIF, BI Adakan FGD Bersama YPM Salman ITB


Share

Bank Indonesia (BI) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama YPM Salman ITB, Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), dan Kementerian Agama (Kemenag) RI pada Rabu (09/11). Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Salman Rasidi, Soreang. FGD ini dilakukan dalam rangka menjajaki peluang kerja sama pengembangan aset wakaf produktif di Indonesia dengan Awqaf Properties Invesment Fund (APIF). Rencananya Aset wakaf produktif pertama yang akan dikerjasamakan dengan APIF di Indonesia adalah RS Salman Hospital, yang dikelola oleh YPM Salman ITB. Dalam pertemuan tersebut Wakaf Salman  mewakili YPM Salman ITB selaku nadzir dan Pemerintah Republik Indonesia diwakili oleh BWI, BI, BPKH dan Kemenag RI.   

APIF merupakan lembaga internasional di bawah naungan Islamic Development Bank (IsDB) yang membantu memproduktifkan aset wakaf di seluruh dunia. Dalam sambutannya, Wakil Ketua BWI, Dr. Imam Teguh Saptono mengungkapkan bahwa APIF sudah membantu membangun lebih dari 70 aset di seluruh dunia di atas tanah wakaf. Jika rencana kerja sama APIF dengan YPM Salman terlaksana, maka RS Salman Hospital menjadi partner pertama APIF di Indonesia. Hal ini diharapkan akan mempermudah kerja sama antara APIF dan pengelola wakaf produktif lain di Indonesia dan membuka peluang kerja sama lanjutan model pengelolaan wakaf produktif dengan lembaga internasional. 

Pembangunan Rumah Sakit Salman Hospital sendiri akan dimulai dalam waktu dekat dengan pembangunan Health Centre yang merupakan project kolaboarsi Badan Wakaf Salman, BWI dan BPKH. 

Ketua YPM Salman, Prof. Dr. Suwarno mengungkapkan bahwa Tim YPM Salman sedang mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk terlaksananya kolaborasi kerja sama tersebut. Selain itu beliau juga menghaturkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Republik Indonesia melalui BWI, BI, BPKH & Kemendag yang juga berharap project Rumah Sakit Salman Hospital menjadi showcase kerja sama wakaf produktif pertama dengan APIF di Indonesia. 

Direktur Wakaf Salman, Ir. Hari Utomo menuturkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan para wakif yang sudah mewakafkan hartanya dalam project RSSH ini dan berharap hal ini menjadi momentum kebangkitan wakaf produktif di Indonesia dan menjadi stimulus umat agar semakin bersemangat mengembangkan dan menyalurkan wakaf sebagai sedekah jariyah.[