Peringati Milad Ke-18, AMKI Adakan Webinar Nasional


Share

Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) memperingati milad ke-18 pada Minggu (29/05). Peringatan ini diadakan dengan webinar nasional secara online melalui zoom meeting dan live streaming di Youtube Salman TV.  Webinar nasional dalam peringatan milad tahun ini bertemakan “Runtuh dan Lahirnya Peradaban Dominan.”

Tahun ini, AMKI memperingati milad ke-18 sejak pendiriannya pada 30 Mei 2004 lalu. Dalam webinar yang digelar dalam peringatan tersebut, terdapat dua sesi materi. Sesi pertama bertema “Runtuh dan Lahirnya Peradaban Dominan”. Sesi kedua menjunjung topik “Muda Berdampak Membangun Peradaban”.  Webinar nasional dibuka dengan pembacaan Alquran oleh Imam Muda Salman dan sambutan dari Ketua Pengurus Besar AMKI.

Sesi pertama diisi oleh Prof. Dr. Arif Satria S.P., M.Si, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Rektor IPB University. Sementara sesi kedua diisi oleh Drs. Suwarsono Muhammad, M.A, Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII.

Arif membahas mengenai  peran masjid kampus dalam penumbuhan intelektual muslim yang unggul. Arif mengungkapkan bahwa AMKI harus mendampingi masjid agar bisa berkembang, tidak hanya bermanfaat untuk kampus tetapi untuk masyarakat di sekitar masjid kampus. Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah tetapi dijadikan pusat inspirasi masyarakat.

Selain itu, Arif juga mengungkapkan bahwa ICMI mengadakan Nabawi Awards yaitu penghargaan bagi masjid. Penghargaan ini diberikan kepada masjid-masjid yang secara holistik mendorong untuk kemajuan. Arif berharap dengan adanya Nabawi Awards menjadi penyemangat untuk masjid agar bisa bertransformasi.

Adapun Suwarsono membahas mengenai peluang kehadiran peradaban unggul Indonesia sebagai alternatif peradaban global. Ia mengungkapkan bahwa umat Islam memiliki harapan untuk menjadi unggul, asal memiliki strategi yang tepat. Umat Islam harus lebih cerdas dan jeli memanfaatkan peluang. Kita harus percaya, dengan semangat berkualitas selalu ada kesempatan untuk menjadi unggul.