Pembinaan Beswan Perintis 2021 Diadakan Secara Luring untuk Pertama Kali


Share

Bidang Mahasiswa, Kaderisasi dan Alumni Salman (BMKA) bekerja sama dengan Rumah Amal Salman mengadakan pembinaan bagi penerima beasiswa perintis atau Beswan Perintis angkatan 2021. Pembinaan dilakukan pada Selasa (31/05). Pembinaan bagi Beswan Perintis dilakukan 1 kali dalam satu bulan. Pembinaan pada bulan Mei ini merupakan pembinaan pertama yang diadakan secara luring untuk angkatan 2021.  Kegiatan ini dilakukan di Masjid Salman ITB dan Masjid Al Kautsar Rancaekek. 

Hasan, bagian Alumni dan Eksternal di BMKA mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya pembinaan untuk menjadikan Beswan Perintis sebagai Kader Teladan Salman. Ia pun mengharapkan dari pembinaan ini para penerima beasiswa dapat mengenal Salman lebih dalam, dapat beradaptasi dengan dunia luar dan  menjaga amanah yang telah diberikan kepada penerima beasiswa. 

Kegiatan pembinaan dimulai dari Masjid Salman ITB, Beswan Perintis terdiri dari 102 orang dan dibagi kedalam 15 kelompok. Selama pembinaan, para peserta tidak memegang alat komunikasi dan bekal yang berlebih. Hal ini bertujuan agar para Beswan Perintis dapat berusaha untuk mencapai tujuan walaupun ada keterbatasan. 

Di Masjid Salman, para peserta diberi tantangan untuk mengenal bidang-bidang di Salman dengan mewawancarai bidang masing-masing. Kemudian para peserta ditantang untuk keluar dari Salman menuju Stasiun Bandung dengan diberi bekal yang terbatas. Dari Stasiun Bandung para peserta ke Stasiun Rancaekek dan berakhir di Masjid Al Kautsar. 

Selama perjalanan dari Stasiun Bandung ke Rancaekek, para peserta diharuskan berkenalan dengan penumpang kereta lainnya. Hal itu bertujuan untuk belajar bersosialisasi dengan dunia luar. Untuk memenuhi kebutuhan mereka, para Beswan Perintis diajarkan untuk berjualan barang  tidak terpakai yang mereka miliki. Hal ini untuk mengajarkan mereka skill marketing. Pembinaan ditutup dengan materi materi menjaga amanah di Masjid Al Kautsar.