P3RI Salman Adakan Pelatihan Juleha Hewan Qurban


Share

Panitia Pelaksana Program Ramadhan dan Idul Adha (P3RI) Salman mengadakan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) Qurban pada Rabu (22/06). Pelatihan Juleha dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama webinar dilaksanakan secara hybrid di GSG Salman ITB serta melalui zoom dan live streaming Youtube Salman TV. Sesi kedua diisi dengan pelatihan penyembelihan hewan qurban secara langsung. Kegiatan ini dilaksanakan agar pemotong hewan qurban dapat memotong sesuai syariat, halal dan baik. 

Sesi pertama webinar diisi oleh Ust. Andri Mulyadi yang membahas mengenai fiqih penyembelihan serta drh. Yusni, M.P yang membahas dari segi kedokteran hewan. Pembahasan materi berupa syarat hewan qurban, cara membedakan hewan yang sakit dan sehat, isu PMK,  serta tata cara agar hewan mudah disembelih. Hewan yang terdeteksi PMK secara kasat mata dapat dilihat dari mulutnya yang mengeluarkan air liur lebih banyak dan kuku yang terlihat tidak sehat. Jika terdapat hewan seperti itu, pengurban diharap langsung melapor pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan setempat. 

Pelatihan penyembelihan ini diikuti oleh 29 peserta yang terdiri dari pemotong hewan dari berbagai DKM Masjid di sekitar Bandung. Selain itu, panitia penyembelihan dari P3RI Salman ITB pun juga mengikuti pelatihan Juleha. Untuk persiapan Qurban di Salman ITB, panitia diberi pelatihan untuk menyembelih, mencacah, dan menguliti hewan qurban dengan baik dan benar. 

Pada Idul Adha tahun ini, rencananya Masjid Salman ITB akan kembali mengadakan Shalat Idul Adha setelah dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi COVID-19. Dengan adanya pelatihan Juleha, Ketua Divisi Acara Qurban P3RI Ahmad berharap para peserta dapat membawa  dan mengamalkan ilmu yang didapat agar bisa menyembelih hewan qurban dengan baik dan benar sesuai syariah