MUNAS Mahasiswa I AMKI : Optimalisasi Peran Masjid Kampus


Share

Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Munas Mahasiswa I AMKI pada Sabtu (17/4) hingga Minggu (18/4). Kegiatan diadakan secara offline di Universitas Siliwangi serta webinar yang diadakan melalui zoom meeting dan live streaming di youtube Salman TV.  Kegiatan Munas AMKI bertujuan untuk membentuk jejaring AMKI Muda, membentuk ekosistem takmir masjid kampus agar lebih terkoordinasi serta sebagai tindak lanjut dari kegiatan Silatnas AMKI Muda tahun 2021.

Hari pertama diadakan kegiatan Webinar yang bertema Sinergi Kampus dan Masjid Kampus untuk Penguatan Ekosistem Calon Pemimpin Masa Depan. Pembicara pada webinar terdiri dari Prof. Dr. I. Hermawan.K. Dipojono sebagai Ketua Umum AMKI, Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI dan ketua BWI serta Prof. Ir. Nizam, MSc., DIC,PhD.IPU,Asean Eng yang merupakan PLT Dirjen Diktiristek Kemdikburistek. Pembicara lainnya terdapat Dr. Ir. Syarif Hidayat sebagai wakil ketua AMKI, penggagas Vent-I serta Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir.,M.S yang merupakan Rektor Universitas Siliwangi.

Selain webinar, pada kegiatan Munas AMKI diadakan juga kegiatan ramah tamah yang berisi perkenalan dan koordinasi perwilayah mengenai kondisi masjid kampus masing-masing. Terdapat 7 region pada Munas AMKi yaitu region Sumatera, Jakarta Banten, Jawa Barat 1, Jawa Barat 2, Jawa Barat 3, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sulawesi. Hasil dari pemaparan mengenai kondisi masjid kampus dari 7 wilayah adalah isu tata kelola masjid kampus, optimalisasi kaderisasi dan silaturahmi wilayah.

Setelah pemaparan kondisi masjid, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Diskusi  membahas mengenai optimalisasi peran masjid kampus, pemilihan koordinator perwilayah masjid kampus dan pembahasan mengenai tuan rumah selanjutnya. Terdapat 3 calon tuan rumah selanjutnya yaitu Universitas Jambi, Universitas Al-Azhar Indonesia dan Universitas Negeri Semarang. Penentuan tuan rumah akan diadakan dalam musyawarah Pimpinan Pusat(PP) AMKI. 

Syahrial sebagai panitia pelaksana Munas AMKI berharap adanya kegiatan ini akan terjalin komunikasi yang intens antara PP AMKI dan AMKI Mahasiswa, mulai terbangun program inovatif di Masjid Kampus serta mendorong masjid kampus untuk aktif berkegiatan.