Menjadi Sentra Vaksinasi, Salman ITB Alirkan Manfaat #DariMasjidUntukSemua


Share

Bandung - Kehadiran vaksin Covid-19 memang berdampak besar bagi keberlanjutan roda kehidupan bangsa. Sekarang, masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi mulai menerapkan disiplin protokol kesehatan menjadi kebiasaan sehari-hari. Vaksinasi menjadi jalan untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Meski begitu risiko penularan tetap harus diwaspadai.

 

Hingga saat ini, jumlah masyarakat yang telah divaksinasi sampai dosis kedua berjumlah hampir 35 juta orang. Angka ini masih jauh dari target yang diarahkan pada pembentukan herd immunity. Menyadari pentingnya vaksinasi dan besarnya keinginan untuk memulihkan kondisi negeri, Salman ITB mengambil bagian.

 

Pada 13 September 2021, Salman ITB menggelar kembali vaksinasi gratis ke sekian kalinya. Gelaran aktivitas sosial kemanusiaan ini juga menandai Salman ITB sebagai Sentra Vaksinasi. Hari pertama vaksinasi ini diantaranya dikunjungi oleh Wakil Walikota Bandung, H. Yana Mulyana, S.E. Beliau bersama Ketua Umum YPM Salman ITB, Prof. Dr. Ir. Suwarno juga mengisi press conference yang diadakan dalam rangka pemberian informasi seputar sentra vaksinasi, turut mengundang: Dinas Kesehatan Kota Bandung yang diwakili oleh Sekretaris, Bapak Anhar Hadian, SKM; Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung, Bapak Prof. Dr. dr. Nanan Sekarwana, Sp. A(K), MARS; Direktur Kahf, BApak Salman Subakat, S.T.; PT Bio Farma (Persero); Partnership & Activation Team PT Persib, Kang Rijki Kurniawan, Kang Wildan Pratama, dan Kang Agung Afrizal; Ketua HIPMI Jawa Barat, Bapak Surya Batara Kartika; serta rekan-rekan media.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi. Untuk kita bisa membentuk herd immunity dari jumlah penduduk 2,5 juta, pemerintah kota harus memberi vaksinasi minimal sekitar 1,3 juta warga. Bandung punya vaksinator yang banyak, InsyaAllah kami punya keyakinan akhir tahun target tercapai. InsyaAllah dengan begitu vaksinasi di Bandung selesai dengan proses yang cepat. Vaksin bukan kepentingan kita sendiri, tapi kepentingan banyak orang. Ikhtiar ini adalah upaya kita semua, semoga menjadi amal dalam menyelesaikan pandemi COVID-19. Terima kasih Pak Suwarno, Salman ITB dan berbagai pihak yang sudah mendukung. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya membuka vaksinasi ini. Semoga diberi kelancaran, kemudahan, dan menjadi amal ikhtiar kita mengakhiri pandemi," kata Yana. 

 

Sebelumnya pada sekitar bulan Juni hingga Agustus, Salman ITB berkolaborasi bersama banyak pihak melaksanakan tes SWAB dan vaksinasi gratis. Pihak-pihak tersebut meliputi Wakaf Salman ITB, Rumah Amal Salman, Dinas Kesehatan Kota Bandung, PT Bio Farma (Persero), PERSIB,  HIPMI Jawa Barat, IA ITB, D/Joom, Jabar Quick Response, Telkom Indonesia, AntriQue dan Dewan Masjid Indonesia. Adapun tenaga kesehatan yang bertugas dibantu oleh Fakultas Kedokteran UNPAD, Poltekkes, dan UPTD Puskesmas Dago. Sekitar dua ribu orang telah menerima vaksinasi di Salman ITB.

Kegiatan vaksinasi massal Masjid Salman ITB ini diperuntukkan untuk masyarakat umum, mulai dari usia produktif hingga lansia. Secara khusus, vaksinasi ini juga ditujukan untuk para petugas rumah ibadah dan mereka yang bertugas di ruang publik, yang rentan menjadi titik penyebaran virus. Inilah wujud manfaat yang diberikan Masjid Salman ITB #DariMasjidUntukSemua.

Seluruh peserta vaksinasi yang telah terdaftar mengikuti berbagai tahapan vaksinasi sesuai prosedur, mulai dari tahap screening kesehatan, penyuntikan vaksin, sampai observasi pasca vaksinasi. Total kuota peserta vaksinasi kali ini mencapai tiga ribu orang sehingga jika dijumlahkan ada 5.000 orang yang menerima manfaat dari kehadiran sentra vaksinasi Salman ITB.

“Semua usaha, semua doa, insyaAllah Salman ITB sebagai Sentra Vaksinasi bersama-sama membantu pemerintah mewujudkan vaksinasi yang sedapat mungkin menjangkau semua kalangan. Hingga Jawa Barat khususnya Kota Bandung bisa segera tercapai kekebalan kelompok, herd immunity. Dan dengan demikian maka pergerakan masyarakat akan sehat, aman, dan ekonomi jua akan berjalan dengan baik. Vaksin ini juga akan menjangkau pedagang kaki lima di sekitar Salman, karena mereka juga terdampak. Ini dalam rangka menjadikan Bandung lebih sehat, produktif, akhirnya sejahtera dan bahagia. Kami (Salman ITB) sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang bekerja sama mewujudkan program luar biasa ini. Kita dukung Jawa Barat khususnya kota Bandung,” ungkap Suwarno.

Demi kebermanfaatan yang lebih luas, Wakaf Salman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berbagi informasi maupun berdonasi membantu sesama. Masyarakat bisa mendukung program-program kebaikan melalui donasi di website wakafsalman.or.id dan informasi lainnya seputar Salman ITB di laman salmanitb.com