Masjid Salman ITB Mendapat Penghargaan “Nabawi Award” dari ICMI


Share

Masjid Salman ITB mendapatkan penghargaan Nabawi Award 2022, sebuah penghargaan yang didedikasikan kepada masjid-masjid yang dinilai sukses dalam memberdayakan ekonomi umat. Penghargaan itu disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Dr. Arif Satria dalam kegiatan Halaqah Kemandirian Pesantren, di Majalengka pada Sabtu (24/4).

Menurut Arif, masjid seharusnya bukan hanya sekedar untuk atau sebagai tempat beribadah saja. “Maka, kita dorong agar masjid punya fungsi lain seperti edukasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan hal-hal positif lainnya,” ungkapnya.

Penghargaan ini digelar ICMI untuk memotivasi masjid-masjid lain untuk menerapkan hal yang sama, yaitu memberi layanan lebih terhadap ekonomi dan sosial umat. “Tujuannya untuk memotivasi pengurus masjid, dalam rangka terus memakmurkan masjid, juga lebih meningkatkan prestasi, dan daya saing," Arif menambahkan.

Dalam Nabawi Award 2022 ini, terdapat lebih dari seratus masjid yang masuk proses seleksi. Pada akhirnya, ICMI menetapkan sepuluh masjid yang mendapat penghargaan, lantaran sukses menjadi pusat geliat ekonomi keumatan dan memenuhi kriteria lainnya.

Sepuluh masjid tersebut ialah:
1. Masjid Jogokariyan, Yogyakarta
2. Masjid Daarut Tauhid, Bandung
3. Masjid Al Falah, Surabaya
4. Masjid "Real Masjid" Yogyakarta
5. Masjid Salman ITB, Bandung
6. Masjid Sunda Kelapa, Jakarta
7. Masjid Al Azhar, Jakarta
8. Masjid Namira, Lamongan
9. Masjid Nurul Ashri, Jogjakarta
10. Masjid Polda Jabar

 

Sumber:

1. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/407261/inilah-10-masjid-terbaik-di-indonesia-ponpes-almizan-majalengka-diharapkan-jadi-inkubator

2. https://www.republika.co.id/berita/rawgve374/icmi-gelar-halaqah-kemandirian-pesantren-dan-nabawi-award-di-al-mizan-jatiwangi