Maknai Hari Perdamaian, Lebih dari 200 Adik Teladan Negeri Antusias Hadiri Pembinaan Luring Perdana


Share

Bertepatan dengan hari peringatan Perdamaian Internasional pada 21 September mendatang, untuk pertama kalinya, Program Beasiswa Teladan Negeri mengadakan pembinaan luring untuk adik angkatan 2022. Sempat diadakan pembinaan secara online selama dua tahun kebelakang, kini sebanyak 206 adik sangat antusias menghadiri kegiatan pembinaan luring.

Pembinaan yang dilaksanakan pada Minggu, (18/09) ini mengangkat tema “Mengenal Perdamaian, Membangun Peradaban”. Kegiatan dimulai dengan apel pagi di lapangan rumput Masjid Salman ITB kemudian dilanjutkan dengan pembinaan di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. 

Tema ini diangkat sebagai bentuk perhatian bahwa membangun karakter toleransi dan mampu menghargai sesama merupakan hal penting yang perlu dimiliki oleh seorang anak sejak dini. Sehingga, hal tersebut perlu ditanamkan kepada adik-adik penerima manfaat Beasiswa Teladan Negeri dengan landasan nilai kepemimpinan, cendekia, dan juga akhlakul karimah. 

Selain pemberian materi, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun keharmonisan antar adik dan kakak mentor masing-masing. Sehingga muncul pola mentoring yang lebih akrab dan nilai peradaban yang dicita-citakan dapat terbangun.

Kegiatan ini didampingi oleh 47 kakak relawan sebagai mentor. Setiap jenjang dipandu seorang fasilitator dari Peace Gen untuk pengenalan nilai-nilai Perdamaian. Kegiatan diisi dengan sub materi yang telah disesuaikan dengan usia adik juga permainan yang menguji kekompakan adik dalam kelompok. 

Kegiatan ini juga menghadirkan Duta Pendidikan Indonesia, Tirta Meyrizka Lubis, yang juga merupakan alumni penerima Beasiswa Aktivis Salman. Tirta berbagi kisah dan pengalamannya berjuang untuk berkuliah dan meraih cita-cita kepada para adik SMA. Harapannya, adik menjadi lebih semangat untuk berjuang meraih apa yang menjadi cita-cita masing-masing. "Tuntaskan apa yang sudah dimulai. Sempurnakan apa yang akan dituntaskan,” ujarnya.

Salah satu testimoni juga disampaikan oleh perwakilan orang tua, yang menyampaikan rasa terima kasihnya karena banyak sekali keberkahan yang didapat. "Terima kasih dari kami kembali untuk semua kakak teladan yang sudah rela berlelah-lelahan membimbing anak kami sehingga sesampainya di rumah anak kami memiliki seribu cerita dan pengalaman semoga segala lelahnya menjadi keberkahan hidup dunia akhirat aamiiin,” ujar orang tua. 

Peran Sahabat melalui infak, sedekah, maupun zakat di Rumah Amal Salman memberikan harapan besar bagi setiap penerima manfaat dalam menebar kebaikan. Sahabat dapat berpartisipasi membantu sesama dalam program-program Rumah Amal Salman dapat melihat website Rumahamal.org atau Instagram @rumahamalsalman***