LPH Salman ITB Telah Resmi Terakreditasi dan Siap Melayani Sertifikasi Halal


Share

Gambar 1 Penyerahan Sertifikat Akreditasi LPH oleh BPJPH Kemenag RI. Tampak berdiri di tengah, ketiga dari kiri, Mursyid Hasan Basri (tanpa kopiah, bermasker hitam) selaku Direktur Utama LPH Salman memegang sertifikat akreditasi.

 

Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Salman ITB secara resmi telah diakreditasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Keputusan akreditasi ini diserahkan oleh BPJPH pada Rabu (13/4).  LPH Salman telah terakreditasi sesuai Standar Jaminan Panduan Halal serta terintegrasi dengan sistem “SiHalal” dari BPJPH Kemenag RI. Dengan demikian, para pelaku usaha mulai dapat mendaftarkan produknya untuk proses sertifikasi melalui lembaga ini.

LPH Salman yang mulai dirintis sejak 2018 bertujuan membantu pelaku usaha memperoleh sertifikasi halal. Sebelumnya, Halal Center Salman yang berdiri pada tahun 2015 telah hadir untuk melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai gaya hidup halal. Namun, Halal Center Salman tidak berwenang untuk memeriksa atau mengaudit kehalalan produk guna pengurusan sertifikasi halal. Untuk tugas itu, dibentuklah LPH Salman ITB demi membantu para pelaku usaha ikut mewujudkan gaya hidup halal. 

"LPH Salman ITB akan menjalankan proses sertifikasi halal dengan prinsip SAFE," ujar Mursyid Hasan Basri, Direktur LPH Salman ITB. Prinsip Halal SAFE adalah singkatan dari Simple, Akurat, Fast dan Ekonomis. 

Prinsip simple bermakna LPH Salman akan membantu menyederhanakan proses sertifikasi tanpa harus memangkas tahapan-tahapan penting di dalamnya. Akurat, berarti LPH Salman akan membantu pelaku usaha agar peluang mereka lebih tinggi dalam mendapatkan  persetujuan sertifikasi halal. Proses di LPH Salman juga berprinsip fast. Biasanya, proses sertifikasi halal membutuhkan waktu 21 hari dengan rincian 3 hari di BPJPH, 15 Hari di LPH dan 3 hari di MUI. LPH Salman akan menyelesaikan tahapan yang menjadi tanggung jawabnya kurang dari 15 hari. Di samping itu, proses sertifikasi lewat LPH Salman akan ekonomis karena biayanya yang terjangkau.

Mursyid selaku Direktur Utama LPH Salman ITB, adalah doktor lulusan Hiroshima University, dengan kepakaran Operations Management, Supply Chain Management, dan Quality Management. Beliau dibantu antara lain oleh Ir. Inten Tejaasih, MT (Teknik Industri ITB '87) selaku Direktur Operasional. Untuk pemeriksaan laboratorium, LPH Salman ITB bekerjasama dengan laboratorium Sekolah Farmasi ITB.  

Pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikasi halal dapat mendaftar melalui aplikasi “SiHalal” pada alamat https://ptsp.halal.go.id/. Dalam aplikasi tersebut, para pelaku usaha boleh memilih sendiri LPH yang ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan kehalalan produk. Terdapat 11 LPH resmi yang terdaftar dalam aplikasi "SiHalal", termasuk LPH Salman ITB.  Dokumen dari produsen yang diunggah ke aplikasi tersebut kemudian akan otomatis dikirimkan ke LPH yang dipilih. 

 

Untuk info lebih lanjut mengenai proses sertifikasi di LPH Salman ITB, silakan mengontak Pebri (+62 838-2155-4104).