LMD 214: Merdeka untuk Peradaban


Share

Bidang Mahasiswa Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB melaksanakan Latihan Mujtahid Dakwah (LMD) 214 pada Jumat (05/08) hingga Minggu (07/08). Kegiatan LMD dilaksanakan di Desa Cibodas, Lembang Kabupaten Bandung Barat.

LMD 214 bertema Merdeka, lepas dari segala belenggu. Tema ini dipilih karena LMD 214 bertepatan dengan Kemerdekaan Indonesia yaitu bulan Agustus serta untuk memperkuat landasan nilai Salman yang pertama yaitu merdeka. LMD 214 melantik 91 peserta terdiri dari 34 taruna dan 57 taruni. 

Pada LMD 214 konsep zerowaste menjadi nilai baru yang digagas sesuai dengan yang sedang diperjuangkan oleh Masjid Salman yaitu Salman ramah lingkungan. Rangkaian kegiatan dimulai dengan keberangkatan ke Desa Cibodas kemudian melakukan tracking. Para peserta juga diberi skenario permasalahan yang harus dicari jalan keluarnya, berupa ide teknologi yang bermanfaat. Kemudian terdapat materi dan sesi menyampaikan hikmah yang didapatkan selama melakukan perjalanan.

Tujuan yang diharapkan dari LMD 214 ini membentuk kader Salman ITB yang berjiwa mujtahid, kritis, berwawasan Quran dan Hadist. Tagline yang digunakan dalam LMD 214 yakni ‘Merdeka untuk peradaban juga menjadi tujuan yang ingin dihasilkan’. Panitia MSDM LMD 214, Hasna mengungkapkan bahwa jiwa merdekalah yang dapat melahirkan gagasan dan karya, ketika sudah berkarya taruna dan taruni dapat bermanfaat untuk peradaban. 

Ketua Pelaksana LMD 214, Baihaqqi berharap  perjuangan peserta LMD 214 tidak berakhir setelah dilantik menjadi kader Salman. “Saya harap peserta LMD dapat memberikan kontribusi nyata dan menyebarluaskan manfaat dengan inovasi serta gebrakan baru ke seluruh penjuru negeri, sehingga cita-cita mencapai Kemerdekaan hakiki dan peradaban Islam bisa terwujud di tangan para generasi penerus bangsa,” jelasnya.