Ketua Umum YPM Salman ITB Raih Penghargaan Top 2% Peneliti Dunia


Share

Ketua Umum YPM Salman ITB yang juga seorang Guru Besar Teknik Ketenagalistrikan ITB, Prof. Dr. Ir. Suwarno, MT., masuk dalam daftar Top 2% Scientist in the World: Single Year Impact 2020-2021 yang dirilis oleh Stanford University dan Elsevier Report.

Prof. Suwarno merupakan salah satu dari sepuluh dosen ITB yang masuk dalam daftar ini. Sebagai guru besar, Prof. Suwarno telah memiliki segudang riset, dengan spesialisasi topik berupa trafo, diagnostik tegangan tinggi, serta teori dalam kabel terkait masalah gangguan. Tercatat, jumlah makalah ilmiah beliau di Scopus mencapai 261 judul, dengan total sitasi sejumlah 1.390.

Dalam daftar ini, Prof. Suwarno menempati posisi 166014. Pemeringkatan daftar ini didasarkan pada c-score, yaitu jumlah sitasi publikasi yang tidak termasuk sitasi sendiri (self-citation). Oleh karena itu, daftar ini memuat 2% ilmuwan berpengaruh yang risetnya paling banyak dikutip dalam karya ilmiah internasional.

Keluarga Besar YPM Salman ITB mengucapkan selamat serta turut berbahagia atas capaian Prof. Suwarno. Semoga beliau senantiasa dapat menebar manfaat untuk umat.

 

Sumber: detik(dot)com, tempo(dot)com