KBIH Salman Kembali Memberangkatkan Jamaah Haji


Share

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Salman ITB kembali memberangkatkan 42 orang yang terdiri dari 41 Jamaah dan 1 orang pembimbing untuk beribadah Haji. Pemberangkatan dimulai dari Kompleks Masjid Salman ITB pada Rabu (22/02) sore, selanjutnya Jamaah Haji berkumpul di Polda Jabar untuk berangkat bersama rombongan haji lainnya. Momen keberangkatan jamaah haji ini merupakan keberangkatan pertama kali setelah dua tahun  keberangkatan haji tertunda karena pandemi COVID-19.

Sebelum kegiatan pelepasan, rangkaian acara dimulai dengan registrasi para jamaah haji untuk mendapatkan buku panduan. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengarahan dan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya, Ketua YPM Salman ITB Prof. Dr. Ir. Suwarno mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepada para jamaah yang sudah mempercayai KBIH Salman untuk Ibadah Haji. Kemudian, pelepasan rombongan dipimpin oleh Kepala Kantor Agama Kota Bandung, Drs. H. Tedi Ahmad Junaedi, M.Si. Terakhir, pembacaan doa disampaikan oleh pembimbing haji Ust. H. Budi Prayitno.

Persiapan keberangkatan Haji dilaksanakan sejak Desember 2021 hingga Juni 2022, dengan 15 kali pertemuan manasik haji. Pelaksanaan Manasik Haji dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 08.30 – 11.30 WIB di Gedung Serba Guna (GSG) Salman ITB. Persiapan lainnya yang dilakukan KBIH Salman adalah pelengkapan dokumen perjalanan seperti paspor, kartu kesehatan haji, lembar PCR dan sertifikat vaksin serta perlengkapan logistik lainnya.

Bagi Jamaah Salman yang ingin mendaftar haji melalui KBIH Salman bisa langsung mendatangi Sekretariat KBIH Salman yang berada di Kompleks Masjid Salman ITB. Staf KBIH Salman akan membantu pengurusan administrasi pendaftaran haji ke Departemen Agama ataupun mutasi murni. Fasilitas yang akan didapatkan calon jamaah haji adalah pemateri yang kompeten dan berpengalaman, kit manasik, sarana multimedia, alat peraga praktik manasik, gedung manasik yang luas dan nyaman, serta konsumsi selama manasik haji