Inovasi Baru Rumah Amal Antar Hak Daging Pengurban dalam Olahan Rendang


Share

(Rumah Amal Salman, Bandung) – Kurban adalah ibadah yang paling Allah cintai ketika memasuki bulan Dzulhijjah. Pada tahun ini, untuk meningkatkan pelayanan kurban terhadap mudhahi, Rumah Amal Salman berinovasi dengan membuat layanan pengantaran hak daging pengurban dalam bentuk olahan rendang.

Ketua Kurban 1443 H Rumah Amal Salman, Ena Fitriana menyampaikan layanan ini bekerja sama dengan Restu Mande. Restu Mande merupakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memproduksi makanan vakum dalam kemasan.

"Rumah Amal Salman setiap masa kurban berupaya melakukan inovasi dalam pelayanan. Adapun kurban dalam olahan rendang dipilih sebab lebih praktis, baik bagi kami yang mengantarkan begitu pun mudhahi. Daging kurban bisa langsung dikonsumsi," kata Ena Fitriana. 

Selain itu, Restu Mande juga pernah bekerja sama dengan Rumah Amal dalam beberapa event seperti "Rendang Ambu untuk Palu", dan kampanye stunting. Restu Mande memiliki berbagai produk ternama berkualitas premium dan tentunya sudah tersertifikasi halal. 

Untuk ketentuannya, layanan ini hanya untuk pengurban yang berkurban dengan kurban sapi, baik sapi utuh maupun sapi kolektif. Pengurban yang menggunakan layanan ini dikenakan tambahan biaya menyesuaikan dengan jumlah biaya yang diberikan. Pengurban yang memberikan biaya tambahan Rp50.000 maka akan mendapatkan 2 paket rendang. Biaya tambahan untuk Rp100.000 akan mendapatkan 4 paket rendang, dan Rp200.000 akan mendapatkan 8 paket rendang. 

Adapun ketentuan lainnya, dalam satu paket rendang memiliki berat bersih 300 gram dengan jumlah rendang sebanyak 5 potong. Untuk penyimpanan, rendang dapat bertahan hingga 8 bulan setelah produksi. Pengurban tidak dikenakan biaya pengiriman kecuali untuk daerah-daerah tertentu yang biaya pengirimannya memberatkan. Paket rendang akan dikirimkan ke donatur paling cepat 1 pekan setelah Idul Adha. Pengiriman amanah menjangkau luar Bandung, Jakarta, dan Garut. Layanan ini dibuka hingga Rabu, 6 Juli 2022 atau tiga hari sebelum pelaksanaan hari raya Idul Adha. 

Meski demikian, bagi pengurban yang tidak mau hak daging kurbannya diolah menjadi rendang, para pengurban tetap bisa memilih layanan #segardiantar. Layanan ini menjadi program tahunan qurban Rumah Amal Salman, di mana para pengurban bisa meminta hak daging kurbannya untuk diantarkan ke alamat rumah.***