Hari Menanam Pohon Nasional, IATMI SM dan Savior Tambah 10 Pohon di Masjid Salman


Share

Setiap tanggal 28 November, di Indonesia di peringati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional. Dalam rangka memeriahkan hari besar tersebut Ikatan Alumni Teknik Minyak Indonesia Seksi Mahasiswa (IATMI SM) bekerjasama dengan Salman Environtmen Rangers (Savior) dan Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB menanam 10 pohon di Masjid Salman ITB. Penanaman pohon dilaksanakan pada Minggu (27/11) di area barat dan utara masjid. 

Kepala Program Riset Rintisan Model, Farras Rayhan mengungkapkan penanaman dilakukan di Masjid Salman karena kegiatan ini bekerjasama dengan Gamais yang basisnya di Masjid Salman. Selain itu, secara jarak mahasiswa berkegiatan di kampus ITB dan sangat baik jika mereka memberikan manfaat di lingkungan mereka sendiri yaitu Masjid Salman. “Ada empat jenis pohon yang ditanam yaitu mahoni, mangga, alpukat dan jambu. Pohon tersebut  dipilih karena komoditasnya mudah ditemui dan nantinya buah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan kembali,” tuturnya.

Farras mengatakan saat ini lahan untuk menanam pohon semakin berkurang karena populasi semakin bertambah dan tentunya kebutuhan tempat tinggal pun juga meningkat. Padahal tumbuhan sangat bermanfaat untuk menambah oksigen dan mengurangi polusi udara. 

“Jadi  saat ini menanam itu ga seperti dulu yang bisa menanam dimana aja. Tapi sekarang ada regulasi lahan atau lahan itu milik orang lain jadi agak sulit. Solusinya saat ini tanamlah tumbuhan dimana saja. Sekarang banyak gaya media tanam yang tidak perlu menggunakan media tanah,” tegas Farras. 

Saat ini savior terus berupaya untuk menjalankan Salman Ramah Lingkungan. Sudah banyak tumbuhan yang ditanam di area masjid diantaranya ada pohon kayu manis, ketapang, papaya, alpukat, jambu,sawo emas. Selain menanam ditanah, terdapat Urban Farming dengan teknik hidroponik. Tumbuhan yang ditanam seperti pakcoy dan kangkung. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kegiatan savior  dapat mengunjungi instagram @saviorangers