Farming Rangers Salman ITB Panen Hasil Tanam Hidroponik


Share

Farming Rangers Salman ITB  memanen sayuran pakcoy yang ditanam pada Hidroponik Salman di area Masjid Salman ITB. Kegiatan memanen diadakan pada Rabu (08/06). Hasil panen pakcoy dapat dimanfaatkan oleh anggota Farming Rangers ataupun diperjualbelikan. Hasil jual beli akan dimanfaatkan untuk kepentingan Hidroponik Salman  

Sayuran pakcoy ini telah ditanam sejak awal ramadhan. Dalam proses penanaman hidroponik terkadang terdapat hama dan ulat. Untuk mencegah hal itu, farming rangers membuat cairan pestisida dan melakukan pemantauan harian untuk melihat kondisi hidroponik Salman. Selain itu, perawatan yang dilakukan secara harian adalah pengecekan nutrisi, pompa dan pipa serta selang agar tidak terhambat untuk menyalurkan nutrisi.

Lulu, Ketua Savior mengungkapkan adanya Hidroponik Salman bisa menjadi percontohan bagaimana cara menanam tumbuhan di tanah dan air. Selain itu, terdapat misi edukasi agar jamaah ataupun karyawan Salman tergerak untuk menanam tumbuhan di rumah guna memenuhi kebutuhan harian. 

Lulu juga berharap kedepannya bisa memaksimalkan media tanah yang ada di area Masjid Salman ITB untuk ditanam tumbuhan yang bisa ditanam. Selain itu, rencana target jangka panjang dari Hidroponik Salman akan menggunakan sistem pompa yang bisa otomatis terjadwal waktu pemompaan nya untuk penghematan listrik.