BMKA Salman Mengadakan Latihan Mujtahid Dakwah 211


Share

Bidang Mahasiswa, Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB mengadakan Latihan Mujtahid Dakwah (LMD) ke-211 pada Jumat (27/05) hingga Minggu (29/05). Kegiatan LMD diadakan di Bukit Bintang dan Masjid Khairina, Cimenyan. Tema pada tahun ini adalah Menyelesaikan Masalah Untuk Masa Depan. Tema ini dipilih menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan seorang mahasiswa dan muslim untuk menjadi goal seeker (orang yang terus mencari tujuan) dan goal getter (orang yang ingin berusaha mewujudkan tujuan tersebut. 

Rangkaian LMD dimulai dengan tracking dari Masjid Al Hidayah hingga ke Bukit Bintang. Pada kegiatan tracking para peserta mencari kartu yang merupakan sebuah masalah dan harus diselesaikan bersama kelompoknya. Di hari kedua dan ketiga terdapat pemberian materi dari  Pembina Masjid Salman, Wakil Ketua BMKA Salman dan Narasumber dari luar Salman.

Falih Zuhdi, Ketua Pelaksana LMD menyampaikan dalam rangkaian acara LMD terdapat AHA Time yaitu para peserta menyampaikan hikmah yang didapat selama mengikuti kegiatan LMD. Kegiatan ini dipimpin oleh MOT (Master Of Trainer) dan dilaksanakan pada hari pertama, kedua dan ketiga. Setiap harinya juga dilaksanakan Muhasabah diri, Shalat Tahajud dan Shalat Fardhu secara berjamaah. 

Falih mengungkapkan output dari LMD yaitu akan menimbulkan nilai-nilai ijtihad keilmuan untuk berkontribusi kepada umat di peradaban dengan kapasitas ilmu masing-masing, memiliki konsep berpikir yang intelektual, memiliki skill kepemimpinan serta skill manajemen. 

Pada LMD tahun ini terdapat 115 peserta terdiri dari 68 peserta akhwat dan 47 peserta ikhwan yang terpilih dari 250 pendaftar. Peserta diutamakan Mahasiswa se-Bandung tetapi terdapat juga peserta dari Sumatera yang mengikuti LMD 211.  Peserta yang mengikuti kegiatan LMD resmi menjadi Kader Salman ITB.