Bidang Dakwah Salman ITB Perdana Gelar Pesantren Lansia


Share

Bidang Dakwah YPM Salman ITB melaksanakan kegiatan Madrasah Husnul Khotimah (MHK) Pesantren Kilat Lansia Masjid Salman ITB pada Jumat (18/11) hingga Minggu (20/11). MHK dilaksanakan di Emaki Al Mashoem Resort Lembang. Kegiatan ini merupakan pesantren kilat lansia pertama yang diadakan oleh Bidang Dakwah. MHK bertujuan memberikan wawasan serta pembekalan untuk mengoptimalkan usia senja dengan kebaikan yang terstruktur dan konsisten. 

Ketua Panitia MHK, Zulkarnain mengungkapkan kegiatan ini dilaksanaan karena di masa senjanya, para lansia butuh dukungan serta rangkulan untuk senantiasa dengan Allah, Al-Quran, para ulama dan ahli pengajian. Selain menambah wawasan keilmuan, di kegiatan ini juga ada suasana kebersamaan karena bertemu dengan peserta sesama lansia.

MHK pertama ini kuota peserta terpenuhi sebanyak 28 peserta. Ketua Panitia MHK, Zulkarnain mengungkapkan kuota pada kegiatan MHK perdana ini memang dibatasi karena keterbatasan tempat. Saat inipun sudah ada waiting list calon peserta MHK selanjutnya.

“Lima hari setelah pendaftaran dibuka, kuota sudah penuh. Sampai waktu kegiatan akan dilaksanakan saja masih banyak yang ingin mendaftar dan dimasukan kedalam waiting list. Insyaallah nanti akan dilaksanakan MHK batch ke 2,” ujar Zul. 

Dalam kegiatan tersebut peserta diberi beberapa materi, seperti mengoptimalkan taubat di usia senja yang disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Miftah Farid, kiat meraih husnul khotimah oleh Dr. KH. Asep Zaenal Ausop,M.Ag, serta tentang sehat dan bugar di usia senja oleh dr. Dadan Rukanta, Sp. OT.,M.Kes.  Selain beberapa materi di  atas, peserta juga melaksanakan simulasi menghitung waris yang dibimbing oleh Ust. H. Andri Mulyadin. Selain pematerian, kegiatan juga diisi dengan Salat Qiyamul Lail, kuliah subuh dan olahraga.

Zul berharap dengan adanya MHK ini khususnya untuk para peserta bisa mendapatkan kebaikan serta manfaatnya berupa wawasan keilmuan dan pengalaman. Tentunya kebaikan tersebut bisa menjadi kebiasaan. Bagi yang ingin mengetahui berbagai kegiatan bidang dakwah dan YPM Salman dapat mengunjungi Instagram @bidakwah.salmanitb atau @salmanitb