Bantu UMKM, P3RI Salman Adakan Bazar Ramadhan


Share

Panitia Pelaksana Program Ramadhan dan Idul Adha (P3RI) Salman ITB adakan bazar ramadhan di lingkungan Masjid Salman ITB.  Bazar dilaksanakan dalam pekan ke 2 dan ke 3 bulan Ramadhan. Pekan ke-2 dilaksanakan pada 15 – 18 April 2022 dan pekan ke 3 pada 22 – 25 April 2022. Bazar ini diikuti oleh 40 UMKM kota Bandung dan sekitarnya yang dibagi kedalam waktu yang telah ditentukan. 

Bazar tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan bazar hanya khusus pedagang buku, di tahun ini UMKM di bazar bervariatif yaitu makanan minuman, fashion hingga pernak-pernik. Para UMKM mendapatkan fasilitas seperti tenda ukuran 3 X 3, meja, dua kursi serta akses menggunakan listrik. 

Nadya, Wakil Ketua Divisi mengungkapkan bazar ini diadakan sebagai sarana mengembangkan kreativitas kewirausahaan masyarakat salah satunya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), meningkatkan kesejahteraan mereka, sebagai ajang UMKM mempromosikan produknya dan memberi akses untuk jamaah Salman membeli produk lokal yang dijual UMKM. 

Untuk mengikuti bazar, UMKM perlu memenuhi syarat umum yang ditentukan oleh panitia. Khusus UMKM yang berjualan makanan atau minuman, terdapat screening kehalalan yang dilakukan oleh Pusat Halal Salman. Selain itu, UMKM juga harus mengikuti kesepakatan MoU dan SOP yang telah ditentukan.

Dalam menjaga protokol kesehatan, P3RI membuat  aturan tertulis di MoU dan SOP kemudian UMKM dan saat acara berlangsung merealisasikan kesepakatan. Protokol kesehatan yang diterapkan yaitu menjaga jarak, memakai masker dan menjaga kebersihan terkhusus para pedagang.

Selain menjaga protokol kesehatan, dalam MoU dan SOP juga diatur mengenai aturan kebersihan selama bazar.  Aturan tersebut adalah menyarankan pembatasan plastik sekali pakai, memberikan edukasi pada UMKM dan pembeli dengan menunjukan tempat sampah serta bekerjasama dengan divisi Zero Waste di P3RI untuk sama-sama menjaga kebersihan area Salman dan Area Bazar.