skip to Main Content

Disadur dari ‘Barisan Pemuda Zaman Nabi Saw.’ karya Yusuf Abdul Karim dan Zuhair Musthafa

Ali bin Abi Thalib r.a. berkata, “Aku datang kepada Nabi Saw. lalu duduk menghadap beliau di masjid. Lalu Mush’ab bin Umair r.a. datang dengan mengenakan selimut yang ditambal, padahal sebelumnya ia tergolong pemuda Mekah yang bergelimang kenikmatan dan kemewahan.


Ketika Rasulullah Saw. melihat Mush’ab seperti itu dan teringat akan kenikmatan yang dulu pernah dirasakan Mush’ab, beliau pun menangis.
Kemudian beliau bersabda, ‘Apakah kalian saat ini lebih baik, ataukah saat salah seorang dari kalian disuguhi piring berisi roti dan daging?’ Kami menjawab, ‘Kami saat ini lebih baik, hidup seadanya, dan fokus beribadah.’ Beliau bersabda, Bahkan, kalian saat ini lebih baik dari kalian pada waktu itu,'”


Umar bin Khattab ra. berkata, “Rasulullah Saw. melihat Mush’ab bin Umair datang dengan membawa kulit kambing yang ia jadikan ikat pinggang. Lalu Nabi Saw. berkata, ‘Lihatlah dia ini orang yang hatinya diterangi oleh Allah. Aku dulu melihatnya bersama kedua orangtua yang memberinya makanan dan minuman paling enak. Aku dulu pernah melihatnya mengenakan baju yang ia beli seharga dua ratus dirham. Lalu kecintaannya kepada Allah dan Rasul-Nya menuntunnya pada kondisi seperti yang kalian lihat sendiri’.”[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top