skip to Main Content
Direktur Wakaf Salman Khirzan Noe’man (paling kiri) bersama perwakilan dari Lumens Kopi Masjid, Acep Express, serta Saridina. (Foto: Wakaf Salman)

(Bandung, Wakaf Salman) – Unit Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat berperan signifikan dalam perekonomian negara kita. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah UMKM pada tahun 2019 mencapai 65 juta unit, atau 99,99% dari seluruh unit usaha di Indonesia.


UMKM berperan serta pada 96,92% serapan tenaga kerja dengan jumlah pekerja mencapai 119 juta. UMKM juga berkontribusi terhadap 60% PDB negara kita. Oleh karena itu, UMKM berkedudukan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan inovasi, serta pengentasan kemiskinan dan pengangguran.


Meski begitu, banyak UMKM yang terdampak pandemi hingga kesulitan menjalankan usahanya. Oleh karena itu, Wakaf Salman ITB menjalankan program 1000 UMKM yang bertujuan memajukan UMKM dan memberdayakan pelaku usaha mikro.


Sabtu, 3 April 2021, Wakaf Salman ITB melaksanakan Grand Opening UMKM binaannya. Acara ini meresmikan UMKM binaan Wakaf Salman yaitu Lumens Kopi Masjid dan Acep Express. Selain itu, Wakaf Salman juga memperkenalkan Saridina, UMKM produsen roti yang bergabung dengan program 1000 UMKM.


Acara ini diselenggarakan di Wakaf Corner Lumens Kopi Masjid di Masjid Salman ITB. Selain itu, acara ini juga meresmikan gerai baru di Jl. Gelap Nyawang No. 4, tepat di seberang Wakaf Corner Masjid Salman ITB. Acara ini dihadiri oleh Direktur Wakaf Salman Khirzan Noe’man, Kang Pape dari Lumens Kopi Masjid, Kang Ivan dari Acep Express, serta Kang Dani dari Saridina.


Lumens Kopi Masjid telah berdiri kurang lebih 3,5 tahun lamanya. Kerja samanya dengan Wakaf Salman bermula ketika Lumens mejual kopi untuk program donasi dan berlanjut hingga hari ini. Awalnya, Lumens beroperasi di selasar masjid dengan dua pasang meja konsumen, dan tiga staf. Sekarang, Lumens telah memiliki lokasi tetap di Wakaf Corner Masjid Salman ITB, dengan sebelas orang staf.


Sedangkan Acep Express –mulanya bernama Ayam Goreng Kecap Mang Acep, telah berdiri dari tahun 2005 silam. Sejak November 2020, ayam kecap Mang Acep resmi dibantu permodalan oleh Wakaf Salman, hingga akhirnya bergabung dalam program binaan 1000 UMKM pada Maret 2021.


Wakaf Salman berniat untuk terus berkolaborasi dengan UMKM potensial, dengan syarat sudah memiliki target pasar, tersusun manajemennya, sudah cukup lama dalam berwirausaha, dan sangat butuh untuk dikembangkan dengan baik. Dengan begitu, program ini bisa berkembang, mulai dari tiga UMKM sekarang, bisa menjadi puluhan, ratusan, hingga 1000 UMKM yang diberdayakan.


Selain itu, Wakaf Salman juga bekerja sama dengan Pusat Halal Salman dalam mendampingi UMKM untuk memastikan kehalalan produk dari hulu hingga hilir, terutama UMKM yang bergerak di sektor pangan.

Mari kita dukung program 1000 UMKM untuk UMKM yang lebih berdaya. Donasi terbaik dapat disalurkan ke Wakaf Salman ITB melalui Call Center (0811-2411-444)[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top