skip to Main Content

Wakaf Salman bekerja sama dengan tim KKN Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) 2021 melaksanakan program pemberdayaan desa di Desa Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung. Letak desa yang berjauhan dengan pusat pemerintahan di Soreang membuat pembangunan desa sedikit terhambat. Oleh karena itu, program ini memberi perhatian lebih dalam bidang pendidikan, ekonomi, serta kesehatan di desa tersebut.


Program penyaluran manfaat ini secara resmi diselenggarakan pada Sabtu, 20 Maret 2021 lalu. Acara ini meresmikan kerja sama antara Wakaf Salman dengan UMB, terintegrasi dengan Program 1000 Desa, dan dilaksanakan di Kompleks Pendidikan Khairina, Cimenyan.


Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bandung terpilih Sahrul Gunawan, Direktur Wakaf Salman Khirzan Noe’man, Wakil Rektor Bidang III UMB Dr. Hendar Riyadi, M.Ag., serta Dekan UMB Prof.Dr. Nanang Rizali, MDS.


Program ini telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp100 juta rupiah, yang disalurkan dalam bentuk mesin filtrasi air, hidroponik, akuaponik, dan berbagai fasilitas pendidikan. Mesin filtrasi air dengan teknologi reverse osmosis membantu akses warga terhadap air bersih, sehingga meningkatkan kualitas sanitasi di Desa Cimenyan.


Sementara itu, hidroponik dan akuaponik sebagai program urban farming dapat dipergunakan oleh siswa dan masyarakat untuk bercocok tanam. Hasil cocok tanam tersebut diharapkan menghasilkan produk sayur dan buah yang berkualitas untuk diperjualbelikan, dan hasilnya dapat dinikmati kembali oleh masyarakat.


Direktur Wakaf Salman, Khirzan Noe’man menyatakan, program ini juga bekerja sama dengan Jabar Quick Response oleh Pemprov Jabar, untuk memberdayakan masyarakat berbasis masjid dengan urban farming. Wakil Bupati Kab. Bandung, Sahrul Gunawan ikut memberikan sambutan. Beliau mengapresiasi program tersebut, seraya menjelaskan potensi wakaf yang beliau sebut sebagai “raksasa yang tertidur”. Sahrul juga bersedia bekerja sama lebih lanjut dengan Wakaf Salman dan UMB dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa di Kab. Bandung.


Dengan hadirnya program ini, masyarakat Desa Cimenyan dapat menyelesaikan permasalahan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan secara bertahap. Ayah Farid dan Bunda Dewi, selaku pengelola Kawasan Terpadu Kompleks Kharinia menyatakan rasa terima kasihnya: “Fasilitas sekolah, hidroponik, akuaponik, filtrasi air, dan Wifi yang diberikan Wakaf Salman dan UMB sangat membantu. Kami bersyukur dan juga berharap agar tetap terjalin hubungan silaturahmi ini.”

Mari kita dukung Program 1000 Desa ini untuk menunjang pemberdayaan desa. Donasi terbaik dapat disalurkan melalui Call Center Wakaf Salman di (0811-2441-444). Semoga Allah membalas kebaikan para wakif dan donatur dengan pahala yang terus mengalir. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top