skip to Main Content
Menteri Pembangunan Nasional Indonesia Suharso Monoarfa (kiri) menyimak penjelasan inovator Ventilator Indonesia Syarif Hidayat (kanan), di Masjid Salman ITB Jumat (26/2) lalu.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Dr. (H.C.) Ir. H. Suharso Monoarfa meninjau alat biomedik yang dikembangkan oleh ITB dan UNPAD, di Masjid Salman ITB Jumat (26/2) lalu. Alat biomedik tersebut ialah alat bantu pernapasan bagi pasien COVID-19 Ventilator Indonesia (Vent-I) yang pengembangannya diinisiasi oleh Ketua YPM Salman ITB Periode 2012-2017, Dr. Ir. Syarif Hidayat.

Kunjungan Suharso itu sekaligus bentuk kolaborasi pemerintah dengan Masjid Salman ITB, perihal penyelarasan program Masjid Salman dengan agenda Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini berkaitan erat dengan Indonesia sebagai salah satu negara yang menyepakati rencana aksi global tersebut, dalam upaya mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan serta melindungi lingkungan.

Pengembangan dan produksi Vent-I tak lepas dari dukungan jamaah dan masyarakat luas. Dukungan berupa donasi pun mengalir baik dari perorangan, komunitas, lembaga, hingga perusahaan besar. Setidaknya sebanyak 936 unit Vent-I dapat digunakan oleh 348 rumah sakit di 34 provinsi Indonesia. Inovasi ini pun dinilai sebagai salah satu keberhasilan anak bangsa dalam menanggulangi bencana pandemi dengan kekuatan sendiri, tanpa harus mengimpor dari luar negeri.

Kunjungan Suharso merupakan bagian dari agenda kunjungannya ke Kota Bandung. Selain meninjau Vent-I, ia juga meninjau produk-produk biomedik lain, seperti mesin ekstraksi RNA AutoMagER, medium penyimpanan dan transportasi sampel swab I-Blue, C-Transport, Vitpad, serta Salipad, yang dikembangkan oleh tim peneliti UNPAD.

Suharso pun sempat memberikan khutbah pada kegiatan shalat Jumat berjamaah di Masjid Salman ITB. Kedatangannya disambut oleh segenap pengurus Masjid Salman. Di antaranya  yakni, Ketua Pengurus Masjid Salman ITB Prof. Dr. Ir. Suwarno, MT., Ketua Pembina YPM Salman Prof. H. Hermawan K. Dipojono, Ph.D., inovator Vent-I sekaligus Sekretaris Pembina YPM Salman Dr. Ir. H. Syarif Hidayat, serta Ketua Harian Wakaf Salman sekaligus Ketua Harian Rumah Amal Salman, Ir. Hari Utomo. Dalam kesempatan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM. turut memberi kata sambutan lewat video untuk disaksikan para hadirin.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top