skip to Main Content

Sinergi Masjid dan Komunitas dalam Membangun Kemandirian Bangsa Menghadapi Dunia Pasca Pandemi

A. Latar Belakang

Di tengah upaya menjawab tantangan memakmurkan masjid sekaligus masyarakat di sekitarnya, bangsa Indonesia beserta masyarakat dunia diterpa ujian dahsyat berupa pandemi COVID-19. Pandemi ini tidak saja mengancam kesehatan miliaran penduduk dunia, akan tetapi juga mengancam dan membongkar berbagai aspek tatanan kehidupan. Cara kita beribadah, bekerja, berbelanja, belajar dan mengajar, makan-minum, berolahraga dan bahkan berekreasi telah dan akan terus berubah drastis ke depan. Sejumlah proyeksi dan prediksi telah dikemukakan para analis dan pemikir mengenai dunia pasca pandemi di masa depan. Dunia pasca pandemi adalah tantangan bagi segenap elemen bangsa termasuk para aktivis dan pengurus masjid.  

Beragam ancaman dan tantangan yang muncul akibat pandemi COVID-19 sekaligus membuka mata akan besarnya ketergantungan kita kepada bangsa-bangsa lain. Mulai dari alat-alat dan perlengkapan kesehatan yang sangat vital di tengah wabah, bahan-bahan pangan, hingga teknologi informasi yang kita gunakan untuk tetap beraktivitas di tengah pandemi, sebagian besar diperoleh dari impor. Munculnya wabah, memaksa kita untuk kembali memikirkan kemandirian bangsa. 

Dari uraian di atas, upaya-upaya untuk memakmurkan masjid sekaligus masyarakat sekitarnya, kini tidak dapat dilepaskan dari pembangunan kemandirian bangsa dalam konteks menghadapi tantangan dunia pasca pandemi ke depan. Karena itu, kiranya para aktivis, pengurus masjid maupun para cendekiawan Muslim di Indonesia maupun dunia perlu memikirkan, menggulirkan dan menyebarkan gagasan maupun aktivitas-aktivitas kemasjidan yang mendorong kemandirian bangsa ke depan.

Demi mensistematiskan penghimpunan, pengkajian serta publikasi aneka gagasan dan aktivitas tersebut, YPM Salman ITB bekerjasama dengan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) menggulirkan program Webinar Ilmiah Masjid II. Program Seminar Ilmiah Masjid I telah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2019 dengan menghadirkan 31 pembicara dan pemakalah serta total 146 peserta.

Pada tahun 2020 ini, menyikapi kondisi persebaran COVID-19 yang masih mengancam, acara akan dilakukan dalam format webinar. Event ini adalah bagian dari rangkaian Bulan Ilmiah Masjid sepanjang November 2020, yang antara lain juga akan diisi dengan Webinar Adiwidya Pascasarjana ITB dan Kompetisi Teknologi Inventra Salman ITB. Webinar Ilmiah Masjid sendiri akan diisi dengan pemaparan dan diskusi mengenai hasil kajian maupun model-model program masjid di bawah tema besar: “Sinergi Masjid dan Komunitas dalam Membangun Kemandirian Bangsa Menghadapi Dunia Pasca Pandemi”.

Event ini akan berlangsung insya Allah pada Jumat-Ahad, 13-15 November 2020 pkl. 13.00 – 14.45 WIB (hari Jumat) dan pkl. 08.00 – 15.00 WIB (Sabtu & Ahad). Pelaksanaan event selama tiga hari tersebut akan dibagi menjadi Sesi Diskusi Panel (Jumat siang dan Sabtu-Ahad pagi pkl. 08.00 – 11.45 WIB) dan Sesi Presentasi Makalah (Sabtu-Ahad pkl. 13.00-14.45 WIB).

B. Jadwal Kegiatan

Diskusi Panel

Webinar #1 “INVESTASI SYARIAH UNTUK MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI: Bagaimana Investasi Syariah Bermanfaat untuk Masa Depan Pribadi, Keluarga dan Masyarakat yang Produktif “

(Jumat, 13 November 2020 pkl. 13.00-14.45 WIB – ONLINE VIA ZOOM)

PEMBICARA

  1. Gentur Wibisono (Deputi Direktur Bank Indonesia Jawa Barat)
  2. Pimpinan OJK Regional II Jawa Barat
  3. M. Khirzan N. Noe’man (Direktur Wakaf Salman)
  4. Ustadz Setia Irawan (Ketua Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq)

Daftar ke:  http://bit.ly/webinarinvestasisyariah2020 untuk tautan Zoom (peserta juga otomatis terdaftar untuk keseluruhan rangkaian acara Webinar Ilmiah Masjid II – 1442 H/2020 M).

Webinar #2 “KEMANDIRIAN EKONOMI DAN POLITIK MENGHADAPI DUNIA PASCA PANDEMI”

(Sabtu, 14 November 2020 Pkl. 08.00-11.45 WIB – ONLINE VIA ZOOM)

PEMBICARA

  1. Dato’ Seri Dr. Anwar Ibrahim*) (Menteri Keuangan Malaysia, Wakil PM Malaysia 1991-1998) – “Positioning Negara-Negara Muslim dalam Tarik Ulur Pengaruh Kekuatan-Kekuatan Dunia di Tengah dan Pasca Pandemi”
  2. Prof. Dian Masyita, SE, MT, Ph.D. (The Top 10 Most Influential Women in Islamic Business and Finance 2019 by Cambridge Institute of Islamic Finance) – “Peluang dan Tantangan Pengembangan Ekonomi Syariah Berbasis Masjid dan Komunitas di Tengah dan Pasca Pandemi”

(*) Dato Anwar Ibrahim masih dalam konfirmasi

Webinar #3 “MEMBANGUN KEMANDIRIAN LEWAT PEMBERDAYAAN JAMAAH DAN KOMUNITAS”

(Ahad, 15 November 2020 Pkl. 09.00-11.45 WIB – ONLINE VIA ZOOM)

PEMBICARA

  1. Imam Shamsi Ali (Director/Imam of Jamaica Muslim Center, New York, USA – President of Nusantara Foundation, USA) – “Merintis Komunitas Muslim yang Mandiri di tengah Masyarakat yang Heterogen”
  2. Ustadz Muhammad Jazir A.S.P. (Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Tokoh Perubahan Republika 2019) – “Penumbuhan Kemandirian Ekonomi Masjid dan Komunitas Lewat Pemberdayaan Jamaah”

Presentasi Makalah

(Sabtu-Ahad, 14-15 November 2020 pkl. 13.00-14.45 WIB – ONLINE VIA ZOOM)

Simak sekitar 60 pemakalah dari kalangan takmir masjid, akademisi maupun umum dengan tema-tema makalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan Pemimpin dari Masjid Menyongsong Dunia Pasca Pandemi
  2. Peran Masjid dan Komunitas dalam Membangun Kemandirian Teknologi
  3. Gerakan Ekonomi Berbasis Masjid dan Komunitas untuk Membangun Kemandirian
  4. Membangun Kemandirian Pangan dari Masjid dan Komunitas
  5. Pendidikan yang Memerdekakan lewat Masjid dan Komunitas
  6. Peluang dan Tantangan Gaya Hidup Halal di Dunia Pasca Pandemi
  7. Kontribusi Masjid dan Komunitas dalam Membangun Masyarakat Tangguh Wabah dan Bencana
  8. Manajemen Masjid Modern yang Memakmurkan dan Dimakmurkan Jamaah
  9. Perancangan dan Pengelolaan Fasilitas Masjid yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan
  10. Pembinaan Keluarga Berbasis Masjid dan Komunitas untuk Melahirkan Generasi Berdikari

C. Agenda Penting

  • Batas akhir pengumpulan makalah lengkap : 10 November 2020
  • Pengumuman jadwal & ruangan presentasi : 12 November 2020
  • Pelaksanaan webinar : 13 November 2020

D. Pendaftaran

Daftar ke:  http://bit.ly/webinarilmiahmasjid2020 untuk tautan Zoom. Transfer infak terbaik Anda ke Rekening Virtual Account BNI No. 9881518900664612 a.n. “BPP – Webinar Ilmiah Masjid” (besaran infak tidak mengikat).

E. Informasi & Narahubung

Website https://salmanitb.com/seminar-ilmiah/
Whatsapp Mulki (085220748252) dan Khadik (08882031601)
Facebook Fanpage Studia Humanika
Instagram Salman ITB
E-mail [email protected]

F. Kerjasama dan Kolaborasi

Acara ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB, Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI), dan Bank Indonesia Jawa Barat. Tak lupa kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan kolaborasi dari OJK Regional II Jawa Barat, BPRS Al-Salaam, Tokopedia, Wakaf Salman, Rumah Amal Salman dan Studia Humanika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top