skip to Main Content

(Rumah Amal Salman, Bandung) – Sabtu, 24 Oktober 2020 Rumah Amal Salman melaksanakan Grand Opening Beasiswa Baraya 2020 secara virtual melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini mengangkat tema “Bentangkan Layar, Hadapi Tantangan Bersama Beasiswa Baraya” dengan tujuan untuk memotivasi para penerima beasiswa agar tetap tangguh, kuat, dan bersemangat dalam situasi apapun, terutama di tengah masa pandemi seperti sekarang ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus internal Rumah Amal Salman diantaranya Agus Eka Prasetyo S.Si. selaku Manajer Program, Agis Nurholis S.T. selaku General Manajer, Prof. Dr. H. Rer. Nat. Umar Fauzi sebagai perwakilan Ketua Umum Yayasan Pembina Masjid Salman ITB. Selain itu, turut hadir para donatur dan orang tua adik. Tidak kurang dari 156 adik dan 30 kakak fasilitator turut mewarnai kegiatan pada hari ini.

Pada salah satu sambutan, Agis Nurholis menyampaikan pesan semangat kepada adik-adik Baraya. Meskipun dalam keterbatasan, semoga esensi perjuangan dalam pendidikan tidak berkurang. Terutama, adik-adik Baraya ini termasuk anak-anak yang beruntung, sebab tidak hanya mendapatkan bantuan dana tetapi juga pembinaan karakter dan motivasi. Harapannya tentu saja, adik-adik dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang untuk bersyukur kepada Allah.

Senada dengan hal tersebut, Umar Fauzi berpesan agar adik-adik Baraya dapat meningkatkan prestasi dari yang sudah berhasil dicapai saat ini. Prestasi merupakan sebuah nikmat dari Allah SWT yang perlu disyukuri, sebab tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk berprestasi. Oleh karenanya, adik-adik perlu menjaga amanah prestasi ini agar bisa memotivasi adik lainnya.

“Sama seperti motto Masjid Salman, adik-adik Baraya harus memiliki nilai aman, nyaman dan mengesankan dengan prestasi yang telah diraih. Jadilah khairah ummah bagi generasi berikutnya, mengharumkan agama Allah, menjadi rahmatan lil ‘alamin,” ucap Umar Fauzi, memberi semangat.

Pada dasarnya, Grand Opening Beasiswa Baraya merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membuka program secara resmi. Biasanya kegiatan ini laksanakan setelah proses selesksi yang terdiri dari pendaftaran, seleksi berkas, wawancara, home visit, dan pengumuman kelulusan. Adapun Grand Opening kali ini diadakan sebagai momen aktivasi program Beasiswa Baraya yang sebelumnya sempat terjeda karena pandemi.
“Sebetulnya Grand Opening sudah dilakukan di bulan September tahun lalu dan kegiatan pembinaan baru berjalan setengah periode. Kemudian kami mengadakan sesi evaluasi keberjalanan Program Baraya, termasuk keaktifan adik-adik Baraya dalam kegiatan pembinaan. Selanjutnya pengumuman hasil evaluasi disampaikan pada orang tua adik pekan lalu”, kata Firda Syafriyanti, Ketua Program Beasiswa Baraya.

Setelah Grand Opening Beasiswa Baraya 2020 selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para motivator. Adik-adik bergabung dalam ruangan breakout Zoom berdasarkan jenjang (SD, SMP, SMA) untuk mendapatkan pembinaan rutin bulanan. Untuk jenjang SD pembinana di isi oleh Bunda Zhera, sedangkan SMP diisi oleh kang Maududi, dan untuk SMA diisi oleh ustadz Dani Ramdani dengan sebagian besar materi berisi tentang karakter tangguh yang harus dimiliki para adik. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top