skip to Main Content

Inventor Ventilator Indonesia “Vent-I”, sekaligus Ketua YPM Salman ITB Periode 2012-2017 Dr. Syarif Hidayat, memperkenalkan langsung inovasinya secara resmi kepada Menteri Kesehatan Indonesia, dr. Terawan Agus Putranto, pada Jumat (19/06).

Dalam acara hibah Vent-I di kantor Kementerian Kesehatan tersebut, Syarif juga menyerahkan teknologi hasil kolaborasi berbagai pihak itu secara simbolis kepada Sang Menteri. “Alat ini sudah lolos uji klinis. Akhir Juni ini, ditargetkan untuk diproduksi hingga 900 unit atas dasar pesanan masyarakat. Sampai saat ini, sudah 139 yang disebarkan di seluruh Indonesia,” katanya.

Seperti yang kita ketahui, banyak pihak yang terlibat dalam pembuatan Vent-I. Selain ITB, Unpad, dan YPM Salman ITB, produksi Vent-I juga melibatkan Polman, Polban, Nurtanio, UPI, Itenas, bahkan SMK.

Acara serah terima ini juga turut dihadiri oleh Dr. Rino dan Ir. Mipi Ananta yang mewakili rektor ITB, Rizky Abdullah Ph.D dan dr. Reza Sujud yang mewakili rektor Unpad, serta Ir. Hari Utomo sebagai perwakilan YPM Salman ITB.

“Tidak berhenti di ventilator saja, saat ini kami juga sedang mengembangkan alat kesehatan lain seperti oral suction, tudung pasien untuk menghasilkan negative chamber. Jadi, tidak perlu seluruh ruangan dibuat menjadi negative pressure. Kemudian, ada juga baju astronot untuk dokter yang melakukan operasi,” papar Syarif.

Menanggapi semangat Syarif, Terawan pun turut mengusulkan suatu teknologi dengan gelombang suara yang dapat mematikan kanker. “Mungkin bisa dicoba untuk dikembangkan sehingga bisa membunuh virus. Kalau tidak membunuh, setidaknya menonaktifkan,” katanya. “Ini cara yang efektif dan jauh lebih murah daripada vaksin.”

Terawan juga menyarankan agar ventilator diajukan BPPT sehingga mendapatkan pengakuan sebagai produk nasional. Dengan demikian, negara dapat melindungi produk tersebut. “Persaingan internasional itu ada yang sehat dan tidak sehat,” ungkapnya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top