skip to Main Content

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerahkan apresiasi kepada Wakaf Salman ITB, atas kontribusi aktifnya dalam aksi penanggulangan penyebaran virus COVID-19 di Jawa Barat, Jum’at (19/6) lalu. Dalam acara penyerahan bantuan dari para donatur itu, Ridwan menghaturkan terima kasihnya kepada Wakaf Salman ITB dan donatur-donatur lainnya atas perannya dalam masa pandemi ini.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar itu pun menyampaikan bahwa dalam hal penanganan penyebaran virus, Jabar merupakan provinsi terbaik. Angka reproduksi virus bertahan di bawah 1 selama 6 minggu. Tingkat resikonya pun menempati peringkat ke-27 se-Indonesia.

Hal yang membanggakan, tingkat kesembuhan pasien mencapai 7 kali lipat, dibanding pasien yang meninggal dunia. Jumlah pasien yang dirawat pun tinggal 29% dari 100% kapasitas kamar isolasi.

Atas dasar prestasi tersebut, Wakaf Salman ITB pun merasa tehormat dapat menjadi perantara Sahabat Penderma (sebutan bagi para donatur Wakaf Salman ITB) untuk membantu sesama. Wakaf Salman ITB juga telah menyalurkan berbagai bantuan melalui beberapa mitra. Salah satunya, Jabar Quick Response (JQR).

Bantuan tersebut antara lain 35 ribu helai masker kain, 5.777 unit hazmat suit, 3.500 helai masker medis, 1.900 unit faceshield, dan 5 unit handwasher. Pengadaan bantuan tersebut didukung oleh 120 UMKM di Jawa Barat, Pusat Halal Salman dan Salman Hospital.⁣ Bantuan kemudian diserahkan kepada fasilitas layanan kesehatan di Jabar, serta kepada masyarakat luas.

Inisiasi Program Bantuan Rumah Ibadah

Kini, rumah-rumah ibadah diperbolehkan beroperasi dengan syarat, bertanggung jawab menyediakan tools penanganan Covid-19.⁣ Namun ketika lebih dari 3 bulan rumah ibadah tidak beroperasi, dari mana bisa memiliki biaya untuk membeli perangkat pencegahan virus? Misalnya, cairan disinfektan, handsanitizer, masker, thermo gun dan lain-lain. ⁣

Memasuki fase Adapatasi Kebiasaan Baru (AKB), Wakaf Salman ITB menyadari pentingnya kesiapan fasilitas rumah-rumah ibadah untuk digunakan kembali oleh jamaahnya. Wakaf Salman ITB pun menawarkan program gotong-royong demi memastikan 1.000 rumah ibadah di Jawa Barat -baik masjid, gereja, pura, maupun wihara, dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah dengan aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top