skip to Main Content

Pada suatu hari Ibrahim bin Adham pergi berburu, lalu berhenti di tempat peristirahatan. Ketika ia membuka perbekalan untuk dimakan, tiba-tiba datang seekor burung gagak mengambil makanannya dan terbang. Melihat hal itu ia pun terkejut lalu mengambil kudanya untuk membuntuti perginya burung itu, sampailah ia diatas bukit.

Dari kejauhan, diintainya untuk melihat apa yang dilakukan oleh burung tadi, dan ketika ia mendekat, burung itu langsung terbang. Setelah itu Ibrahim bin Adham melihat seorang laki-laki yang sedang berbaring dalam keadaan terikat. Maka ia turun dari kudanya untuk melepaskan ikatan orang tersebut dan bertanya kepadannya.

Orang itu berkata, “Aku adalah seorang pedagang ditengah jalan aku dirampok mereka ambil semua hartaku, mengikatku dan membuangku ke tempat ini. Selama satu minggu aku diberi roti oleh seekor burung dan Allah tidak pernah meninggalkanku dalam keaadan lapar.”

Kemudian Ibrahim menaiki kudanya dan memboncengnya menuju tempat peristirahatan dan akhirnya Ibrahim bin Adham bertaubat kepada Allah dengan menanggalkan pakaian kebesarannya dan dengan pakaian lusuh ia memerdekakan semua hamba sahaya, mewakafkan tanah dan seluruh harta bendanya.

Sumber: Kisah-kisah Penggugah Iman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top