skip to Main Content
venti

Selasa, 28 April 2020 Prof. Dr. Ismunandar selaku Deputi Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) berkunjung ke Masjid Salman ITB dalam rangka melihat kesiapan Ventilator Portable Indonesia (Vent-I) yang dikembangkan oleh ITB, UNPAD dan Salman ITB.

Vent-I menjadi sebuah kebanggan besar dikarenakan dalam kondisi berbagai pembatasan aktivitas kampus dengan waktu yang singkat Vent-I mampu memenuhi berbagai persyaratan layak uji untuk pasien Covid-19.
Mengingat saat ini, angka pasien positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 10.118 sehingga diperlukan penanganan yang lebih cepat dan tepat.

“Saat berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Tipe Ventilator CPAP yang dikembangkan ITB ini sangat banyak dibutuhkan di lapangan, sehingga kami sangat senang dan mudah – mudahan ini menjadi kontribusi ITB khususnya untuk penanganan pandemi ini.” Ucap Ismunandar.

Selain itu, secara pribadi Ismunandar sangat berbangga dan berharap bahwa penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan teknologi yang dilakukan oleh kampus bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya rumah sakit.

Ia berharap kolaborasi seperti ini tidak hanya berhenti di masa krisis, tetapi tercipta ekosistem inovasi dan kolaborasi antara Universitas, Industri dan Pemerintah. Karena Vent-I ini menjadi salah satu bukti inovasi anak negeri dalam menyelesaikan masalah pandemi. [Ari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top