skip to Main Content
ramadan

Hari ini kita memasuki hari terakhir bulan Sya’ban, yang akan segera berganti dengan bulan Ramadhan. Pergantian menuju bulan baru ditandai dengan konjungsi/ijtimak, yaitu posisi Matahari, Bulan dan Bumi dalam satu bujur ekliptika. Ijtimak terjadi pada Kamis pagi, 23 April 2020 pukul 07:39 WIB untuk lokasi Bandung dan sekitarnya.

Sore hari nanti, ketika Matahari terbenam pada pukul 17:49 WIB, posisi Bulan berada sekitar 4,4 derajat di atas kedudukan Matahari. Hilal dengan demikian sudah muncul walaupun secara teknis mungkin masih sulit diamati.

Berdasarkan data tersebut di atas, insya Allah pada waktu Maghrib hari ini, 23 April 2020 kita telah memasuki awal bulan Ramadhan 1441 H. Untuk kemudahan penanggalan, 1 Ramadhan 1441 H dianggap dimulai pada Jumat, 24 April 2020.

Penetapan 1 Ramadhan 1441 H secara resmi akan dilakukan oleh Menteri Agama RI. Pengumuman tersebut akan dilakukan setelah hasil Sidang Itsbat nanti malam, yang menunggu hasil pengamatan hilal atau rukyatul hilal di beberapa titik acuan.

Bidang Pengkajian dan Penerbitan Salman ITB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top