skip to Main Content

Banyak yang menanyakan ke saya kapan Vent-I lolos uji dari BPFK (Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan), Kementrian Kesehatan? Mereka tidak saja para donatur yang sudah mentransfer dananya, tapi ada pula calon donatur yang ingin segera mentransfer dananya setelah Vent-I lolos uji.

Semuanya ingin Vent-I segera lolos uji BPFK dan diproduksi massal, karena korban meninggal akibat Covid-19 semakin hari semakin bertambah. Kalau Vent-I segera lolos uji dan dan diproduksi, siapa tahu bisa membantu mengurangi angka kematian yang terus bertambah ini…

Tentu saja tim Vent-I pun punya keinginan yang sama. Tim dokter yang terlibat dalam pengembangan Vent-I pun ingin segera memakai alat ini, karena kebutuhan di lapangan memang sudah sangat mendesak. Tetapi karena alat ini menyangkut nyawa manusia, keadaan sedarurat apapun tidak dapat dijadikan alasan untuk mem-by pass prosedur uji. Proses uji harus dilakukan dengan tertib, agar tidak menimbulkan masalah yang tidak perlu.

Menyaksikan proses uji di BPFK kemarin membuat tim Vent-I deg-degan. Karena status PSBB, hanya 2 orang anggota tim yang ikut proses uji. Anggota yang lain hanya bisa mengikuti proses uji secara remote lewat aplikasi virtual meeting. Tidak semua dialog selama proses uji yang dapat diikuti dengan jelas semakin membuat anggota tim deg-degan. Akankah Vent-I lolos uji?

Syukur alhamdulillah hasil uji kemarin berhasil dengan cukup baik. Terima kasih kepada tim BPFK yang telah melakukan proses uji dengan baik. Fungsi ventilator CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) berjalan dengan baik. Semua parameter yang diukur juga menghasilkan angka yang konsisten sesuai dengan spesifikasi disain.

Laju aliran udara, laju aliran oksigen, laju aliran campuran, tekanan campuran dan kadar oksigen semuanya terukur secara konsisten sesuai dengan disain. Syukur alhamdulillah, kerja keras tim siang dan malam selama beberapa minggu terakhir berbuah manis. Harapan agar Vent-I segera lolos uji semakin membuncah.

Apakah dengan demikian Vent-I otomatis lolos uji?

Tunggu dulu.

Vent-I adalah alat bantu nafas. Alat yang butuh jaminan keselamatan bagi pasien 100%. Alat yang butuh ambang batas ketahanan yang sudah ditentukan. Alat ini masih harus lolos uji ketahanan, dan ada beberapa perbaikan minor yang masih harus dilakukan. Alhasil, demi kebaikan semua, kita mesti sabar menunggu beberapa saat lagi sampai alat ini benar-benar lolos uji secara resmi.

Mohon dukungan semua sahabat agar proses yang kritikal ini dapat segera dilewati, dan alat yang kita tunggu-tunggu ini benar-benar lolos uji BPFK. Mohon doanya.

Salam,
Hari Tjahjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top