skip to Main Content

Dosen ITB ini tidak terkena Covid-19, tapi mengisolasi diri di Masjid Salman, ITB, Bandung. Di situ sang dosen merenung bagaimana bisa membantu penderita Covid-19 sesuai dengan keahliannya. Maka terciptalah ventilator made in Indonesia. Namanya: Vent-I.

Presiden Donald Trump pun sampai bertengkar dengan para gubernur di Amerika karena semua rumah sakit kekurangan ventilator. Jumlah yang meninggal akibat Covid-19 di Amerika pun terus membumbung. Itu pula yang dibayangkan oleh Dr. Ir. Syarif Hidayat.

Ketika ide ventilator itu lahir, Syarif perlu uang untuk membuat modelnya. Ia langsung meminta ke pengurus Masjid Salman ITB untuk menggunakan dana masjid. Pertimbangannya karena uang yang ia minta masih dalam kemampuan masjid dan tidak rumit. Syarif sendiri pernah menjadi ketua takmir Masjid Salman ITB.

Sudah 2 minggu ia tidak pulang karena mengerjakan rancangan ventilator siang malam. Ia pun berkonsultasi dengan tim dari FK Unpad. Pihak unpad pun sudah memberikan rekomendasi. Saat ini tinggal menunggu izin edar ventilator pertama made in Indonesia ini dari Kemenkes setelah tes uji dan proses kalibrasi.

”Vent-I ini khusus untuk pasien yang di luar ICU,” katanya. Sedapat mungkin pasien dicegat dulu di ruang perawatan. Tanpa bantuan ventilator, oksigen yang masuk tubuh sangat minim. Ujung-ujungnya pasien menjadi gawat –harus masuk ICU. Kelangkaan itu pula yang membuat rumah sakit mulai bikin skenario darurat: pasien yang sudah tidak ada harapan jangan diberi ventilator atau cabut ventilator bila tidak ada kemajuan.

Harga ventilator sendiri bisa mencapai Rp 300 juta/unit. Memang sudah ada ventilator portable. Bikinan Tiongkok harganya bisa Rp 25 juta/unit. Tapi, kini, tidak ada barangnya. Jadi rebutan sedunia. Biaya total satu unit Vent-I ditekan menjadi sekitar Rp 12,5 juta

Waktu saya telepon kemarin, Syarif masih terus di lokasi lockdown-nya. Salat malamnya pun dilakukan di bengkel daruratnya itu, di Masjid Salman itu.

Nikmat apa lagi yang masih akan kita dustakan dari Masjid Salman ini. (Oleh: Dahlan Iskan)

Dirangkum dari : https://www.disway.id/r/889/ventilator-salman

#salmanitb
#itb1920
#SalingJagaHadapiCorona
#covid19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top