skip to Main Content

Ini adalah prototype alat ventilator darurat untuk keperluan medis di rumah-rumah sakit. Alat ini sedang dikembangkan oleh Dr. Syarif Hidayat (dosen STEI ITB, Pembina Salman ITB) dan tim. Saat ini, alat bantu pernapasan ventilator sangat dibutuhkan di tengah mewabahnya COVID-19.

Gejala-gejala awal virus corona adalah batuk dan pilek, yang dapat berujung pada kesulitan bernapas yang menjadi tanda pneumonia. Ventilator ini akan dibutuhkan pasien tersebut. Stok ventilator saat ini menipis di pasaran dan harganya melonjak.

Dalam kondisi gawat darurat ketika ventilator di rumah sakit telah terpakai semua, alat ini diharapkan bisa digunakan. Secara garis besar alat ini bisa mengeluarkan napas sebanyak 12-18 kali per menit tanpa harus terhubung dengan tabung oksigen.

Kami sangat membutuhkan masukan dari tim medis/dokter untuk menyempurnakan desain alat ini. Bagi kawan-kawan medis maupun kawan-kawan lain, yang bersedia membantu pengembangan alat ini, silakan menghubungi Mbak Jim (082116515452). Mohon doanya agar alat ini dapat sesuai tujuan yang diharapkan.

#salmanitb
#SalingJagaHadapiCorona
#covid19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top