skip to Main Content

DMI dan AMKI Sepakat Memakmurkan Masyarakat sekitar Masjid

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Dr. (HC) Muh. Jusuf Kalla pada Senin (13/01) lalu hadir di Masjid Salman ITB untuk menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) antara DMI dan AMKI. MoU yang ditandatangani Jusuf Kalla bersama Prof. Hermawan K. Dipojono selaku Ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) menyangkut upaya Pemakmuran Masjid dan Komunitas Sekitarnya. Upaya dimaksud mencakup peningkatan profesionalitas manajemen masjid, pengembangan ekonomi kerakyatan, penumbuhan keilmuan, serta pembentukan budaya masyarakat yang sehat-bersih-beradab berbasiskan masjid.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menekankan pentingnya masjid menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat. Yang penting menurut beliau adalah, “Bukan hanya memakmurkan masjid, tetapi juga dimakmurkan oleh masjid.” JK yakin bahwa jika masyarakat dan jamaah di sekitar masjid menjadi makmur, pada gilirannya mereka juga akan meramaikan dan memakmurkan masjid. Karena itu, beliau berharap kerjasama dengan AMKI antara lain dapat mendorong pendayagunaan dana ziskaf menjadi inovasi yang menyejahterakan masyarakat sekitar. Masjid juga dapat menjalin kerjasama dengan bank-bank syariah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para jamaahnya yang mengelola Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Disamping aspek ekonomi, JK juga berharap AMKI yang mewakili kalangan intelektual, dapat menjadi model masjid kampus yang terkelola dengan baik, khususnya terkait persoalan sound system. Dari sekitar 800-900 ribu masjid yang ada di Indonesia, DMI telah membantu perbaikan sound system di 52 ribu masjid lewat Program Akustik Masjid & Mobil Pemelihara Masjid. AMKI diharapkan dapat mengambil peran bukan hanya dalam peningkatan kualitas sound system di masjid anggotanya masing-masing, melainkan juga penyuluhan dan bantuan bagi masjid-masjid lain di sekitarnya.

Selaras dengan JK, Prof. Hermawan K. Dipojono dalam sambutan sebelumnya, sangat mengapresiasi wejangan JK mengenai pemakmuran masjid. Wejangan yang disampaikan JK dalam Rakernas AMKI (15/12/2019) lalu menurut Hermawan adalah sebuah pekerjaan rumah besar bagi AMKI. “Sangat ironis bila ada masjid yang makmur tetapi lingkungan sekelilingnya belum makmur,” ujar Hermawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top