skip to Main Content

Masjid Salman ITB memiliki kepedulian dan fokus yang besar terhadap proses penyembelihan hewan yang halal. Proses penyembelihan sangatlah penting. Sebab bila tidak tepat sesuai syariat, proses tersebut dapat menyebabkan daging yang tadinya halal berubah menjadi haram. Tentu banyak mudarat apabila daging yang kita makan adalah haram, salah satunya yaitu tertolaknya amal dan doa.

Untuk itu Masjid Salman ITB melalui Halal Center Salman mengadakan Pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA) pada Selasa (3/12) lalu di Komplek Masjid Salman ITB. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan & Peternakan Provinsi Jawa Barat serta Bank Indonesia. Kegiatan ini rutin diadakan 4 kali dalam setahun dan pelatihan kali ini memasuki tahun ke-6. Pelatihan ini dilaksanakan tanpa memungut biaya.

Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan sambutan Prof. Dr. Suwarno (Ketua Umum Pengurus YPM Salman ITB) dan Prof. Dr. Slamet Ibrahim DEA (Ketua Umum Pusat Halal Salman ITB). Drh. Supratikno, Msi, Pavet, dan Ustadz Andri Mulyadi hadir selaku pembicara pada acara ini. Drh. Supratikno memaparkan persyaratan teknis pelaksanaan penyembelihan hewan. Sedangkan pemaparan dari sisi syariat dijelaskan lebih lanjut oleh Ustadz H. Andri Mulyadi

Selepas zhuhur, para peserta melakukan praktik menyembelih unggas didampingi oleh drh. Supratikno di lapangan rumput barat Salman. Berbagai jenis unggas mulai dari ayam, burung dara, bebek, burung merpati dan peralatan penunjang telah dipersiapkan dalam praktik tersebut.

Tujuan acara ini adalah untuk mengedukasi para peserta mengenai penyembelihan hewan ternak unggas secara halal dan thayyib. Mayoritas peserta pelatihan JULEHA kali ini berasal dari kalangan para pelaku usaha hewan ternak unggas dan juru jagal. Dengan tata cara penyembelihan yang tepat serta memenuhi kriteria syariat, tentu akan dapat dihasilkan kualitas hewan sembelihan yang pasti terjamin status kehalalannya dan baik kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top