skip to Main Content

Seminar Ilmiah Masjid Perdana

YPM Salman ITB bekerjasama dengan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) menggelar kegiatan Seminar Ilmiah Masjid yang diselenggarakan di ruang GSG Salman pada Sabtu, 12 Oktober 2019 pkl. 08.00-15.00 WIB. Kegiatan ini adalah kali pertama masjid mengadakan seminar ilmiah.

Program Seminar Ilmiah Masjid bertujuan untuk mensistematiskan penghimpunan, pengkajian serta publikasi aneka gagasan & rintisan dakwah. Menurut Prof.Dr. Suwarno (Ketua Umum Pengurus YPM Salman ITB) dalam pembukaannya, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang tukar pikiran dan penyebaran gagasan dakwah, bukan hanya dalam mengatasi persoalan kontemporer melainkan juga demi membangun peradaban masa depan yang lebih baik.

Prof. Hermawan K.D. (Ketua Pembina YPM Salman ITB/Ketua Umum AMKI) sebagai keynote speaker di awal kegiatan menyatakan bahwa impian harus dihidupkan agar dapat kita realisasikan di dunia sebelum berpindah ke alam akhirat. Kita (Masjid Kampus) juga harus mampu menarasikan, menghidupkan dan menyuarakan impian kemaslahatan umat. Seminar Ilmiah Masjid ini adalah salah satu caranya.

Setelah itu, acara dilanjutkan diskusi panel bersama tiga pembicara yaitu, Prof. Yazid Bindar (Guru Besar Teknologi Pengolahan Biomassa & Pangan FTI ITB), Faiz Manshur (Ketua Yayasan Odesa – inisiatif pemberdayaan masyarakat di Cimenyan), dan Syamril, ST, M.Pd. (Vice President of Organization Development & Human Capital Strategy Kalla Group of Companies). Ketiganya dipandu oleh Dr. Agus S. Ekomadyo (dosen arsitektur ITB). Ketiganya mengupas tema “Peran Masjid dalam Mempersiapkan Bangsa Menghadapi Tantangan ke Depan”. Selepas diskusi panel, pada sesi siang sekitar 28 peserta memaparkan makalahnya.

Acara ini turut dihadiri oleh para pengurus AMKI dari berbagai wilayah, diantaranya Prof. Dr. Veni Hadju dari Masjid Kampus Universitas Hasanudin, Prof. Dr. Luthfi D. Mahfudz dari Masjid Kampus Universitas Diponegoro, Drs. Nana Setialaksana, M.Pd. dari Masjid Kampus Universitas Siliwangi, Dr. Dudung Rahmat Hidayat, M.Pd. dari Masjid Kampus UPI, dan KH. Abdul Malik Usman, M.Ag. Abdurrahman dari Masjid Kampus UGM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top